Dua Titik Asap Masih Ada, Anggota Kodim 0320/Dumai Melaksanakan Pendinginan

DUMAI (MR) - Anggota Kodim 0320/Dumai bersama Polri, BPBD, Senin (27/5), melaksanakan pendinginan di wilayah Kecamatan Medang Kampai, jalan Dualim RT 01, Kelurahan Teluk Makmur.
 
Pemicu munculnya asap ini diduga karena cuaca yang panas dan angin yang kencang yang terjadi di wilayah Kodim 0320/Dumai, Khususnya Kecamatan Medang Kampai.
 
Lahan yang masih berasap berupa lahan gambut yang terdiri semak belukar dan jenis tanaman kayu putih, akasia dan sawit.
 
Alat yang digunakan untuk melaksanakan pendinginan dan pemadaman ini antara lain dengan menggunakan mesin ministreker sebanyak 2 mesin.
 
Sumber air yang jauh dan keterbatasan persediaan air di tanah gambut menjadi penghambat utama pendinginan dan pemadaman asap.
 
Kegiatan pendinginan secara terus menerus yang dilakukan anggota Kodim 0320/Dumai bersama Polri dan BPBD bertujuan untuk mencegah supaya kebakaran tidak timbul kembali dan tidak melebar sehingga asap bisa benar-benar padam.
 
Selaku Dansub Satgas Pemadaman karlahut, Dandim 0320/Dumai, Letkol Inf Horas Sitinjak mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada hari ini akan terus dilakukan, guna memastikan asap tidak muncul kembali
 
"Kegiatan penyiraman dan pendinginan akan terus dilakukan guna memastikan asap tidak muncul kembali dan benar-benar padam," Kata Dandim (red/Rls)

Baca Juga