BMKG: Belum Ada Potensi Riau Akan Mengalami Banjir

PEKANBARU (MR) - Hujan yang mengguyur wilayah Riau seminggu terakhir belum berpotensi menyebabkan banjir di wilayah setempat. Hal ini karena memang saat ini hujan masih belum merata di semua wilayah.

Hal ini disampaikan oleh Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo, Senin (30/9/2019). Ia mengatakan saat ini intensitas hujan di Riau juga belum dikategorikan lebat.

"Kalau dari analisis, potensi banjir untuk saat ini belum tinggi dikarenakan sifat hujannya masih belum merata dan intensitasnya juga belum masuk kategori sangat lebat," ujar Ahmad.

Ditambah lagi daya serap tanah setelah musim kering itu masih rendah. "Dari analisis kita, memang akan terjadi banjir nanti di awal-awal musim penghujan. Diprediksikan awal musim penghujan terjadi pada bulan Oktober," Cakapnya.

Namun meski demikian, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir.

"Kita imbau masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi banjir, terutama untuk wilayah aliran sungai dan wilayah yang sering mengalami banjir," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan malam ini Riau berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang di wilayah pesisir timur. Sementara untuk dini hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan.

Adapun suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 33.0 °C dengan kelembapan udara 50 - 100 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Timur-Tenggara dengan kecepatan 10 - 20 km/jam

Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5 - 1.0 meter.

Baca Juga