Polres Rohul Latih Personilnya Gunakan Drone dan Mesin Air

ROKANHULU (MR) - Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di Kabupaten Rokan Hulu, berbagai langkah diterapkan Kepolisian Resor (Polres) Rohul. Diantaranya, melatih personilnya dalam mengoperasikan drone, mesin air robin serta mini steeker. 

Pelatihan itu digelar di Mapolres Rohul, yang dihadiri langsung Kapolres Rohul, AKBP Dasmin Ginting SIK, Waka Polres Rokan Hulu Kompol Willy Kartamanah AKS, S.IP,M.SI, Kabag Sumda Polres Rokan Hulu Kompol Jurnal Purba, Kasat Narkoba Polres Rokan Hulu AKP Masjang Efendi, Kasat Binmas Polres Rokan Hulu AKP Hermawan dn Kapolsek di jajaran Polres Rokan Hulu.

Kapolres Rohul, AKBP Dasmin, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pencegahan Karhutla, serta mewujudkan "Rohul Nihil titik Api 2020". 

"Fokus kita saat ini, melakukan tindakan pencegahan serta melakukan pelatihan, guna penanganan Karhutla,"tegas Kapolres, Kamis (12/12/2019).

Disampaikannya, pihaknya juga mengintruksikan kepada jajaranya agar memperbanyak pembuatan Embung, sebagai tindakan antisipasi jika kebakaran hutan dan lahan terjadi.

"Mari berdayakan semua sumber daya masyarakat yang ada. Lakukan pengecekan terhadap Embung, apakah bisa di gunakan dengan maksimal dan apakah sudah berfungsi dengan baik?,"Ujar Kapolres mengingatkan jajarannya.

AKBP Dasmin menambahkan, sebagai operator mesin dan drone tak dibenarkan untuk di ganti.

"Jangan sampai perlengkapan yang Kita punya tak bisa di gunakan, karena kemampuan personil yang tidak bisa mengoperasikannya. Untuk itu, sinergitas semua element mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas, dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla harus ditingkatkan,"tegas Kapolres Rohul.

Sementara itu, teknik yang dipelajari personil polisi tersebut adalah, cara mengoperasikan Drone dengan baik dan benar guna patroli udara Karhutla, cara menghidupkan mesin Robin, pemasangan Selang, Pegang Nozle selang serta cara perawatan mesin. (Paber) 

Baca Juga