5 Bahan Alami Paling Ampuh Usir Bau Badan

MONITORRIAU.COM - BAU badan tak hanya mengganggu diri sendiri, tetapi juga orang-orang yang ada di sekitarmu. Penyebabnya memang beragam. Namun, ada banyak cara cepat pula untuk menghilangkan atau mengurangi bau badan.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah menggunakan minyak wangi. Padahal, ada banyak alternatif lain untuk menghilangkan bau badan. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

1. Jus lemon

Sifat asam lemon dapat menurunkan pH tubuh kita, sehingga sulit bagi bakteri untuk bertahan hidup di kulit kita Potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan langsung pada ketiak Anda. Biarkan hingga benar-benar kering. Cuci bersih dengan air hangat.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa mengencerkan jus lemon dengan beberapa tetes air lalu mengoleskannya pada ketiak.

2. Air mawar

Air mawar dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori yang ada di kulit, sehingga mampu mengurangi produksi keringat yang berlebih. Selain itu, air bubga mawar juga meninggalkan aroma bunga yang segar sehingga menjaga tubuh tetap wangi.

3. Tepung Maizena

Sifat antibakteri tepung jagung atau maizena membantu menjaga bakteri tetap terkendali. Tepung jagung juga membantu menjaga kulit tetap kering, sehingga mengurangi produksi keringat.

Caranya, Taburkan sedikit tepung maizena di ketiak dan area berkeringat lainnya di tubuh Anda.Biarkan selama sisa hari itu.

Anda dapat menggunakan ini setiap hari sebagai alternatif alami untuk deodoran Anda."

4. Soda kue

Soda kue dapat menyerap kelembapan, dan karenanya, mencegah pembentukan keringat. Soda kue tidak hanya membunuh bakteri pada kulit tetapi juga membuat tubuh menjadi basa dan menetralkan bau menyengat yang dikeluarkan tubuh kita.

5. Kantung teh celup

Kandungan tanin dalam kantung yang ada dalam teh menjaga kulit tetap kering, sehingga mencegah pembentukan keringat.

Caranya, didihkan air dan masukkan kantong teh. Tuangkan teh ini ke dalam bak mandi biasa Anda dan rendam di dalamnya selama 15-20 menit.*** (Okezone)

Baca Juga