MENU TUTUP

Dari Sektor Pajak, Bapenda Rohil Berhasil Kumpulkan Rp 43 Miliar

Rabu, 23 Januari 2019 | 09:59:04 WIB
Dari Sektor Pajak, Bapenda Rohil Berhasil Kumpulkan Rp 43 Miliar Kabid Penagihan dan Keberatan, Budiman

BAGANSIAPIAPI (MR) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada tahun 2018 berhasil mengumpulkan pajak sebesar Rp43 miliar.

"Untuk pencapaian tahun 2018 khusus dari sektor pajak kita berhasil kumpulkan sebesar Rp43 miliar," kata Kepala Bapenda Cicik Mawardi melalui Kabid Penagihan dan Keberatan, Budiman, kepada CAKAPLAH.com, Selasa (22/1/2019).

Budiman menjelaskan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2011, objek pajak terdiri dari 11 bagian. Dari 11 kategori pajak tersebut ada beberapa sektor pajak unggulan yang mengalami over kapasitas. 

"Salah satunya pajak reklame, dari target Rp 217 juta, hingga Desember 2018 terealisasi sebesar Rp 1,8 miliar atau naik sekitar 545 persen," jelasnya. 

Kemudian untuk PPJ PLN yang memiliki target Rp 14 miliar dapat terealisasi sebesar Rp 31,5 miliar atau mencapai 225 persen. 

"Sementara yang PPJ non PLN juga over, dari target Rp9 miliar kita bisa realisasikan Rp20,8 miliar," sebutnya. 

Meski terjadi peningkatan pendapatan, Budiman juga mengatakan, ke depan ada beberapa sektor pajak yang harus dilakukan perbaikan.

Salah satunya contoh pendapatan pajak dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang hingga saat ini belum tergarap dengan maksimal.

"Untuk PBB angka realisasinya saat ini memang masih kurang optimal. Itu disebabkan beberapa faktor, seperti masih adanya kesalahan data, kurangnya kesadaran masyarakat, geografis serta permasalahan lainnya," paparnya. 

Ia mengajak seluruh masyarakat kabupaten Rohil agar senantiasa turut serta dalam menyukseskan pembangunan dengan taat membayar pajak. 

"Kita berharap agar masyarakat lebih sadar dalam membangun kabupaten Rohil, mari sama-sama taat dan patuh dalam membayar pajak," cakapnya. (Cakaplah) 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

2

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

3

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

4

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

5

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78