MENU TUTUP

Mahasiswa Kukerta UNRI Buat POC dan Disosialiasikan Melalui Medsos

Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:36:32 WIB
Mahasiswa Kukerta UNRI Buat POC dan Disosialiasikan Melalui Medsos

ROHIL (MR) - Pada perkembangan zaman saat ini, kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan pupuk anorganik untuk pertumbuhan tanaman nya karena dinilai praktis. 

Tetapi perlu di ketahui bahwa penggunaan pupuk anorganik juga memberikan dampak negatif bagi tanah dan kesuburan tanaman, Seperti  tanah menjadi keras, kurang menyerap unsur hara dan air serta menyebabkan tanah menjadi asam sehingga tanaman menjadi rusak dan tidak subur.

Pupuk organik cair merupakan pupuk yang berbahan cair dan berasal dari bahan organik seperti sayur-sayuran bekas yang mengandung unsur N (natrium), Fosfor (P) dan K (kalium) yang sangat bermanfaat bagi tanah dan tanaman karena dapat meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman, memperbaiki struktur kimia, fisik dan biologis tanah dan juga ramah lingkungan.

Oleh karena itu, tim KUKERTA BALEK KAMPUNG UNRI 2020 memperkenalkan cara pembuatan pupuk organik cair atau poc yang merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi pemakaian pupuk anorganik. 

Pupuk organik cair (POC) disosialisasikan dalam bentuk video yang di unggah ke media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook dan blog KUKERTA BK UNRI, serta mensosialisasikan nya dalam bentuk poster yang di unggah di Instagram. 

Hal ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini yang tidak boleh mengumpulkan masyarakat. 

Kegiatan pembuatan video ini dilakukan pada hari Selasa, (14 Juli 2020) di posko KUKERTA BALEK KAMPUNG UNRI 2020 . Asmania selaku penanggung jawab proker pupuk organik cair (POC) ini menjelaskan tahap-tahap pembuatan pupuk organik cair (POC) dari sayur-sayuran bekas.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa KUKERTA BK UNRI 2020 berharap agar masyarakat dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan lebih memilih menggunakan pupuk organik cair (POC). 

"Kami juga berharap dimana kegiatan ini dapat membantu dalam mengurangi produksi sampah organik serta membantu dalam pertanian disini,"pungkas Asmania. 

Sukardi selaku Kepala Desa Jumrah, Kec Rimba Melintang, Rohil juga sangat menyambut baik kegiatan ini beliau berkata bahwa pupuk organik cair (poc) ini sangat berguna bagi pertanian Masyarakst desa jumrah karena dapat meningkatkan produksi pertanian dan bisa beralih ke pupuk organik ini. (rilis)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PT. PERTAMINA PATRA NIAGA Bersama MALAYA R & D Lakukan Penanaman Mangrove dan Pengendalian Sampah di Daerah Aliran Sungai Dumai

2

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

3

HANI 2024 dan Deklarasi Indonesia Bersinar, BNN RI Musnah BB Narkoba

4

Sosialisasi Cegah PMK, Serda Iwan Sahputra Temui Masyarakat

5

Teduh FC Gelar Turnamen Futsal 3 Kategori Sekaligus