MENU TUTUP

Luar Biasa...!!! Ini Rahasia 1 Prajurit Denjaka Setara dengan 120 TNI Biasa

Ahad, 01 Januari 2017 | 02:25:57 WIB
Luar Biasa...!!! Ini Rahasia 1 Prajurit Denjaka Setara dengan 120 TNI Biasa

MONITORRIAU.COM - Bukanlah rahasia lagi bahwa Datasemen Jala Mengkara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Denjaka TNI AL) adalah prajurit yang memiliki kemampuan tidak biasa. Sebagai satuan antiteror terutama menjaga wilayah perairan Indonesia kekuatan satu prajurit Denjaka digadang-gadang setara dengan 120 orang TNI biasa.

Detasemen Jala Mengkara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Denjaka TNI AL) bukan pasukan sembarangan. Mereka prajurit khusus yang terdiri dari gabungan anggota pasukan elit TNI AL lainnya yakni Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib). Denjaka terbentuk atas instruksi Panglima TNI masa lalu pada Komandan Korps Marinir dengan nomor Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984.

Meski di bawah TNI AL, namun Denjaka mampu bergerak di darat, laut, dan udara. Mereka sering dilibatkan untuk mengamankan kegiatan presiden. Saban tahun ratusan orang mendaftar jadi anggota pasukan Denjaka, namun hanya 50 orang yang lolos. Satu demi satu tumbang setelah melakukan proses seleksi dan latihan sangat mengerikan.

Lalu apa rahasia dari kekuatan Denjaka TNI AL? Tentu saja karena latihan yang bisa dibilang gila-gilaan. Salah satu latihan Denjaka yang banyak disorot yakni melepas mereka di laut dengan tangan dan kaki terikat. Mereka harus bisa lolos dari ikatan itu. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika kondisi tersebut ditemui saat perang dan musuh menghukum mereka dengan cara demikian.

Tak cuma itu saja. Anggota Denjaka juga pernah dilepas di hutan berminggu-minggu dengan hanya berbekal garam. Bagaimana caranya mereka harus bertahan hidup dengan bekal tersebut! Saat di udara juga demikian. Mereka harus bisa terjun dari pesawat dengan ketinggian yang gak bisa dideteksi musuh. Gak kebayang tingginya kayak apa.

Berkat latihan yang luar biasa tak heran jika Denjaka TNI AL banjir pujian saat latihan bersama Asean Defence Ministers Meeting-Plus Maritime Security dan Counter Terorrism Exercise 2016 (ADMM-Plus On MS and CT Exercise 2016) di Brunei Darusalam dan Singapura.

Dinas Penerangan Armada Timur (Dispenarmatim) dalam siaran persnya menjelaskan jika Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, beserta Sekjen Kemhan RI, Laksamana Madya Widodo, dan perwakilan delegasi dari masing-masing negara peserta ADMM-Plus On MS and CT Exercise 2016, merasa kagum dengan kemampuan penanggulangan tim Denjaka TNI AL, yang bergabung dengan Pasukan Khusus Angkatan Laut Rusia, saat menyaksikan jalannya latihan counter terrorist.*** (bintangmiliter)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

2

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai

3

MALAYA Research and Development Taja Gerakan Kemas Kampoeng Dalam Musyawarah Ilmiah

4

Dandim Antony Sampaikan Bahwa TNI-Polri Siap Bersinergi Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

5

Dapatkan Sepatu Sekolah Berkualitas di Toko Bergeef Dumai