MENU TUTUP

Enam Saksi Bukan Pendengar Langsung Pidato Ahok

Rabu, 04 Januari 2017 | 13:47:13 WIB
Enam Saksi Bukan Pendengar Langsung Pidato Ahok

JAKARTA (MR) - Jaksa Penuntut Umum kasus sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama akan menghadirkan enam saksi.  Menurut salah satu pengacara Ahok, Trimoelja D Soerjadi mengatakan, enam saksi tersebut tak mendengar langsung pidato gubernur nonaktif DKI itu di Kepulauan Seribu.

Mereka hanya pelapor yang menggugat pidato Ahok karena mengutip surat Al Maidah 51. "Tidak ada satu pun yang dari Pulau Seribu. Ada banyak pelapornya, yang kami ketahui dari 12 orang," kata Trimoelja ketika dikonfirmasi, Selasa (3/1/2017).

Saksi pelapor yang bakal dihadirkan ialah Habib Novel Chaidir Hasan, Gus Joy Setiawan, dan Muhammad Burhanuddin, SH. Ada pula Muchsin alias Habib Muchsin,Syamsu Hilal, S.Sos, dan Drs. Nandi Naksabandi, MA.

"Sebenarnya ada 14 laporan polisi terhadap pak Ahok. Tapi yang di dalam berkas dan masuk hanya 12 pelapor, yang dipanggil ada 6 orang," jelas Trimoelja.

Sidang Ahok digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sidang kasus Ahok semula digelar di PN Jakarta Utara, eks Gedung PN Jakarta Pusat.

Keputusan pemindahan lokasi sidang tertuang dalam surat nomor 221/KMA/SK/2016 yang berisi pemberian izin atau persetujuan pemindahan tempat sidang perkara Ahok. Surat tersebut ditandatangi ketua MA Hatta Ali dan diterbitkan pada Kamis, 22 Desember 2016.

Persidangan kasus Ahok sudah masuk babak keempat. Sidang Ahok berlanjut setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan menolak eksepsi Ahok dan tim kuasa hukum.

Pantauan di lokasi, massa pedemo sudah memadati areal Gedung Kementan. Massa merupakan mereka yang pro maupun kontra Ahok.

Massa pro Ahok ditempatkan di sebelah kiri gerbang Gedung Kementan. Sementara massa kontra Ahok ada di bagian kanan. Mereka dibatasi kendaraan anti huru hara yang disediakan kepolisian.*** (Metrotvnews)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Besok Radja Langit Cup U-9 dan U-11 Digelar, 27 Tim Siap Berlaga

2

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

3

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

4

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

5

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi