MENU TUTUP

Tiga Desa di Hulu Kuantan Memasuki Masa Panen Padi

Ahad, 08 Januari 2017 | 22:20:40 WIB
Tiga Desa di Hulu Kuantan Memasuki Masa Panen Padi Persiapan panen padi di Hulu Kuantan.(riauterkini)

TELUKKUATAN (MR) - Petani sawah di tiga desa di Kecamatan Hulu Kuantan sudah memasuki masah panen, masa panen tahun ini terbilang cepat dari tahun biasanya. Panen padi yang dilaksanakan di Desa Sungai Pinang, Desa Tanjung dan Desa Sungai Ala merupakan petani tahunan yang hanya dilaksanakan musim tanam sekali setahun. 

Salah seorang petani sawah asal Sungai Pinang, Zainal (40) mengatakan, panen sawah pada tahun ini agak cepat dari biasanya, cepatnya panen tahun ini dikarenakan bibit yang ditanam kemaren bibit Sasokan.

"Panen tahun ini berbeda dari biasanya dikarenakan bibit yang ditanam bibit cepat," ungkap Zainal, Minggu (8/1/2017), sore di sela-sela panen padi.

Ditanya apakah itu merupakan bibit bantuan pemerintah melalui Dinas Pertanian, Zainal mengatakan, untuk musim tanam tahun ini petani di Desa Sungai Pinang tidak mendapatkan bibit dari pemerinah. 

"Ya untuk tahun ini petani Sungai Pinang tidak ada mendapatkan bantuan. Nggak tau kami dimana kendalanya," tutur Zainal.

Zainal juga menjelakan, mengenai benih kebanyakan petani menggunakan benih yang ditanam tahun kemaren. Hal berbeda diutarakan petani sawah dari Desa Sungai Ala, Mizan (37). Kata Mizan, petani sawah dari Desa Sungai Ala hari ini, Ahad (8/1/17) belum lagi memasuki panen. Rencana petani sawah dari desa ini akan mulai panen besok, Senin(9/1/17).

Lebih lanjud Mizan menambahkan, dilihat kondisi padi dibandingkan dengan tahun kemaren, nampaknya agak berkurang. 

"Panen tahun ini kurang la kayaknya, dilihat dari rumpun padi dibandingkan tahun kemaren agak kecil-kecil," pungkasnya.(riauterkini)

 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses