MENU TUTUP
Wujudkan Pengembangan Literasi dan Informasi Edukasi Secara Terpadu

Launching Program JELITA Kota Dumai

Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:32:35 WIB
Launching Program JELITA Kota Dumai

DUMAI (MR) - Sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76, Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muhammad Syafei, S.Sos., M.Si, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Webinar Launching Program Jendela Literasi dan Inspirasi Kita (JELITA) Kota Dumai, pada hari Rabu (18/08/2021).

Program JELITA merupakan program inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau yang diduplikasi oleh Dispersip Kota Dumai, rangka mewujudkan pengembangan Dumai literasi dan informasi edukasi secara terpadu.

Acara ini dilaksanakan melalui virtual zoom dengan melibatkan mitra Jelita Riau dan Mitra Jelita Dumai, narasumber dari SMAN 1 Dumai, SMAN 2 Dumai, SMKN 1 Dumai. 

3 program unggulan JELITA  yang dilaksanakan yaitu JELITA bincang kuya-kuya (ku tau yang ku mau ya), JELITA goes to school dan JELITA Bi Pro (bincang poros muda). Para Kepala Sekolah Bapak Rafles, S.Pd (Kepsek SMAN 1 Dumai), Kadri, S.Pd., M.Pd (Kepsek SMAN 2 Dumai) turut mendukung suksesnya kegiatan JELITA Dumai dengan mengerahkan seluruh warga sekolah, perangkat OSIS untuk menyiapkan penampilan siswa yang ditampilkan secara live zoom.

Asisten III dalam sambutannya mengatakan bahwa Walikota Dumai berharap setiap pemangku kepentingan terlebih kepada aktivis perpustakaan, baik perpustakaan kota, sekolah, maupun khusus harus saling bersinergi dalam mewujudkan peningkatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas.

"Ini merupakan salah satu pilar untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing," ucapnya.

Beliau menambahkan, perpustakaan harus menjadi tempat transfer pengetahuan dimanapun dan kapanpun secara maksimal melalui ragam saluran guna peningkatan literasi.

"Terlebih dimasa pandemi, membuat kita mempunyai banyak waktu luang. Generasi muda dapat mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat, mengembangkan potensi diri, dan kreativitas agar dapat berdaya guna dan berdaya saing," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Syafei mengatakan bahwa Walikota Dumai mengapresiasi inisiatif Plt. Kadispersip Kota Dumai, Maini Asna, SKM, M.Si yang telah menginisiasi launcing Program Jelita Kota Dumai dalam waktu yang singkat dengan dukungan Tim Jelita Dumai dan Tim Jelita Riau. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Ibu Hj. Rahima Erna, M.Si mewakili Pemerintah Provinsi Riau turut memberikan kata sambutan dan motivasi pada kegiatan JELITA Dumai melalui zoom.  

"Saya berharap kegiatan ini dijalankan dengan penuh totalitas. Semoga langkah ini menjadi simultan dengan penyelenggaraan dan pengelolaan pemerintah secara lebih baik, sebagai langkah menuju terciptanya pemerintahan yang good governance," harapnya.

Kedepannya, kegiatan JELITA Dumai akan dilakukan secara rutin dalam rangka  menggiatkan literasi di Kota Dumai, bekerjasama dengan dinas terkait dalam pelaksanaannya dan berkolaborasi dengan mitra JELITA dan Tim JELITA Riau. InsyaAllah JELITA Dumai segera melaksanakan program unggulan JELITA lainnya.

Turut hadir pada kesempatan ini yang terhormat Gubernur Riau, Kepala OPD terkait dilingkup Pemerintah Provinsi Riau, Kepala OPD terkait dilingkup Pemerintah Kota Dumai, para Kepala Sekolah, Ketua Kelas Kominfo Riau, Pemerhati Anak Riau, Tim Jelita SDM Riau Unggul Riau dan Dumai, serta Mitra Jelita Dumai.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

2

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

3

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

4

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

5

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78