MENU TUTUP

Pemkab Rohil Tabur Ribuan Benih Ikan Baung di Sungai Rokan

Selasa, 21 September 2021 | 14:48:26 WIB
Pemkab Rohil Tabur Ribuan Benih Ikan Baung di Sungai Rokan Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Ketua PPK Rohil Ny Sanimar, S.Pd saat menabur benih ikan baung.

ROHIL (MR) - Untuk melestarikan habitat ikan di wilayah perairan Sungai Rokan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melakukan restocking dengan menebarkan ribuan benih bibit ikan baung.

Dalam kesempatan itu Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakilnya H Sulaiman melakukan tabur benih bibit baung di sungai Rokan, tepatnya di Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih, Selasa (21/9/2021).

Acara itu disaksikan langsung oleh masyarakat dan nelayan setempat. Turut hadir, tokoh muda Rokan Hilir Jhoni Charles, Camat Tanah Putih Suryadi, Kadis Perikanan M Amin, Tokoh Masyarakat, dan anggota DPRD Rohil Daerah Pemilihan (Dapil) III.

Kadis Perikanan M Amin dalam sambutannya mengatakan, restoking ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Rohil dalam rangka meningkatkan populasi ikan yang berada di sekitar Sungai Rokan sebab banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya di sungai Rokan.

Dalam kesempatan itu Amin juga mengingatkan pada masyarakat Rohil untuk menjaga ekosistem ikan agar tidak menggunakan cara tangkap ilegal seperti sentrum dan racun ikan karena hal itu dapat mengganggu perkembangan biakan ikan.

"Kalau bisa saat dapat ikan yang sedang bertelur pun kita lepaskan saja kembali, supaya ikan menetas dan pupulasinya semakin bertambah," tukas Amin.

Amin, menjelaskan untuk membantu ekonomi para nelayan, Dinas Perikanan Rokan Hilir terus berupaya memberikan bantuan setiap tahunnya. Seperti bantuan sampan, jaring, bantuan bibit ikan, pakan ikan dan lainnya.

Sementara Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan kondisi ikan di sepanjang Sungai Rokan tidak seperti dulu lagi banyaknya. Ia mengenang semasa ia masih kecil, saat pulang dari sekolah masih gampang mendapatkan berbagai macam jenis ikan, seperti ikan selais, udang, baung dan ikan lainnya.

"Sekarang untuk cari lauk dirumah saja pun mulai susah. Ini banyak faktor penyebabnya, selain limbah, juga karena adanya sentrum dan racun ikan" kata Afrizal.

Bupati juga meminta kepada masyarakat dan nelayan untuk sama-sama menjaga kelestarian alam dengan tidak menggunakan alat tangkap sentrum dan racun agar populasi ikan di Sungai Rokan kembali melimpah.

Dalam kesempatan itu Bupati Afrizal Sintong didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hilir Ny Sanimar, S.Pd juga turut melakukan tabur benih ikan di Kecamatan Pujud dan Kecamatan Tanjung Medan yang masih merupakan aliran Sungai Rokan.

Pada kesempatan itu, disetiap acara kunjungan kerjanya, Bupati Rohil Afrizal Sintong secara simbolis selalu membagikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19. (rls/Wisman) 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses