MENU TUTUP

Darah Tinggi Jadi Penyakit Nomor 1 di Indonesia, Berapa Konsumsi Garam Maksimal Sehari?

Selasa, 01 Februari 2022 | 12:06:30 WIB
Darah Tinggi Jadi Penyakit Nomor 1 di Indonesia, Berapa Konsumsi Garam Maksimal Sehari? Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - BAHAYA terlalu banyak mengonsumsi garam bisa memicu penyakit tidak menular. Seperti apa penjelasannya?

Data Riskesdas terbaru pada tahun 2018 menunjukkan 21,8 persen masyarakat Indonesia mengalami obesitas. Jika dibiarkan, diprediksi angka obesitas dapat mencapai 40 persen pada 2030, yang artinya hampir 1 dari setiap 2 orang dewasa di Indonesia akan mengalami obesitas.

Kondisi ini harus segera ditangani karena obesitas dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sementara itu, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 34,1 persen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan prevalensi hipertensi pada Riskesdas 2013 sebesar 25,8 persen.

Disebutkan pakar kesehatan, hipertensi menjadi penyakit nomor satu di Indonesia. Juga penyebab kematian tertinggi yang dialami masyarakat lintas generasi.

Dalam dunia medis, hipertensi atau tekanan darah tinggi disebut sebagai "the silent killer" karena sering tanpa keluhan. Hal ini menjadi penyebab utama penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke di Indonesia.

dr Rafael Nanda R, MKK mengatakan, prevalensi penyakit tidak menular di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini mengisyaratkan bahwa masyarakat harus mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat.

"Salah satu kuncinya adalah menjaga asupan gizi seimbang dengan memerhatikan takaran gula, garam, dan lemak pada setiap masakan,” ujarnya dalam Health Talk & Virtual Tour yang diadakan oleh Ajinomoto Visitor Center.

Garam, kata dr Rafael, memang bisa menambah kelezatan makanan. Manfaat garam atau sodium adalah menjaga keseimbangan cairan di tubuh, dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot.

Namun makanan dengan kandungan garam yang tinggi cenderung berbahaya.  Sehingga mengarah pada obesitas dan penyakit lainnya seperti hipertensi.

"Konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan tingginya kadar natrium di dalam darah. Karena itu, WHO menganjurkan batas konsumsi aman garam per hari untuk orang dewasa adalah maksimal 5 gram atau kurang dari satu sendok teh," paparnya."*** (Okezone)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Gelar Halal Bihalal, Ferdiansyah Sambut Kehadiran dr. Ferianto

2

Sertu Sugianto Berikan Edukasi Cegah PMK Kepada Peternak di RT 02 Kelurahan STDI

3

Kodim 0320/Dumai Gelar Program Pelayanan KB Kesehatan, Masyarakat Terbantu dan Antusias

4

Sertu Afnal dan Tokoh Masyarakat Gelar Komsos, Perkuat Sinergi Warga

5

Koramil-01/Dumai Gencar Patroli dan Sosialisasi Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan