MENU TUTUP

Fungsi Kunyit dalam Masakan, Tidak Cuma Pewarna

Selasa, 08 Februari 2022 | 11:30:30 WIB
Fungsi Kunyit dalam Masakan, Tidak Cuma Pewarna Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Kunyit merupakan rimpang yang umum digunakan untuk memasak. Penggunaannya bisa untuk masakan berkuah seperti soto dan opor ayam atau bumbu marinasi. 

Sebelum digunakan biasanya kunyit dikupas dulu lalu dihaluskan. Selain itu, ada pula yang memakai kunyit bubuk agar lebih praktis. 

Dilansir dari "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" (2013) oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut fungsi kunyit dalam masakan. 

1. Pewarna alami

Kegunaan utama kunyit dalam masakan yakni sebagai pewarna alami. Khususnya pada hidangan berkuah seperti gulai, kare, maupun tongseng. 

Warna yang mencolok dapat membuat hidangan berwarna kuning atau oranye cerah.

2. Menghilangkan bau amis

Rimpang kunyit dapat menghilangkan bau amis pada bahan masakan, seperti ikan dan daging kambing. Oleh karena itu, wajar jika kunyit kerap digunakan untuk memarinasi ikan. 

Dalam penggunaannya kunyit jarang dipakai sebagai bumbu tunggal. Biasanya dicampur dengan bumbu dapur lain seperti lengkuas, ketumbar, merica, atau aneka bawang. 

3. Daunnya bisa digunakan untuk masakan 

Selain dimanfaatkan rimpangnya, daun kunyit pun bisa dipakai untuk memasak.

Fungsi daun kunyit dalam masakan yakni menambah cita rasa pada hidangan seperti olahan daging, ikan, telur, dan tahu tempe. 

Lebih jauh, daun kunyit juga dapat dipakai sebagai lalapan mentah. Dalam penggunaannya,  diambil daun dari kunyit yang baru tumbuh sekitar satu bulan."*** (KOMPAS.com)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kacab Dinas Wilayah II Buka FLS2N jenjang SMA Kota Dumai

2

Perlunya Edukasi Ilmu Jurnalistik ke Sekolah SMA di Dumai

3

LAZ MHC, 13 Tahun Berkhidmat di Kota Dumai

4

INDODAX: TPPU Pakai Aset Kripto Justru Mudah Dilacak

5

Di Hari Jum'at Yang Penuh Keberkahan, Polres Inhil Salurkan Sembako Ke Panti Asuhan Puri Kasih