MENU TUTUP

AS Tolak Tawaran Polandia Kirim Jet Tempur Buatan Rusia ke Ukraina

Rabu, 09 Maret 2022 | 13:19:28 WIB
AS Tolak Tawaran Polandia Kirim Jet Tempur Buatan Rusia ke Ukraina

MONITORRIAU.COM - Amerika Serikat pada Selasa (8/3/2022) menolak tawaran dari sekutu NATO-nya, Polandia untuk mengirimkan jet tempur MIG-29 buatan Rusia ke pangkalan AS di Jerman sebagai cara untuk membantu angkatan udara Ukraina bertahan menghadapi serangan pasukan Rusia.

Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa Washington telah berusaha untuk mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina, tetapi prospek membawa pesawat tempur terbang dari wilayah NATO ke zona perang "menimbulkan kekhawatiran serius bagi seluruh Aliansi NATO".

NATO tidak menginginkan terjadinya konflik langsung dengan Rusia, sesama negara berkekuatan nuklir. Presiden Joe Biden telah mengesampingkan kemungkinan mengirim pasukan AS ke Ukraina untuk bertempur, sesuatu yang dikatakan Pentagon akan berlaku untuk pasukan di tanah atau di udara. misi terbang.

"Tidak jelas bagi kami bahwa ada alasan substantif untuk itu," kata Juru Bicara Pentagon John Kirby tentang proposal Polandia.

"Kami akan terus berkonsultasi dengan Polandia dan sekutu NATO kami yang lain tentang masalah ini dan tantangan logistik yang sulit yang disajikan, tetapi kami tidak percaya proposal Polandia adalah yang dapat diperjuang."

Pada Selasa, kementerian luar negeri Polandia mengumumkan bahwa Warsawa sudah siap untuk mengerahkan jet MIG-29 ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menempatkan jet-jet tersebut di bawah kendali AS. Polandia juga mendesak anggota aliansi lain yang memiliki pesawat serupa untuk melakukan hal yang sama.

"Setahu saya, itu tidak dikonsultasikan sebelumnya dengan kami bahwa mereka berencana untuk memberikan pesawat-pesawat ini kepada kami," kata Undersecretary Urusan Politik Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

"Jadi saya pikir itu sebenarnya adalah langkah kejutan oleh Polandia," katanya sebagaimana dilansir Reuters."

Situasi ini memunculkan pertanyaan tentang kelayakan permintaan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada negara-negara Eropa untuk menyediakan pesawat buatan Rusia, masalah yang ia kemukakan selama panggilan video dengan anggota parlemen AS pada Sabtu (4/3/2022). 

Anggota parlemen AS ingin mempercepat bantuan militer ke Ukraina dan mendorong pemerintahan Biden untuk memfasilitasi transfer pesawat.

Kementerian Pertahanan Rusia pekan ini memperingatkan bahwa negara-negara yang menawarkan ruang udara ke Ukraina untuk serangan terhadap Rusia dapat dianggap telah memasuki konflik dengan Moskow.

Secara terpisah, Militer AS mengumumkan akan memposisikan dua baterai rudal patriot ke Polandia untuk secara proaktif "melawan ancaman potensia.*** (Okezone)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Besok Radja Langit Cup U-9 dan U-11 Digelar, 27 Tim Siap Berlaga

2

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

3

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

4

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

5

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi