MENU TUTUP
Kota Dumai Masuk 10 Besar

Tim Penilai Independen Lakukan Tinjauan Lapangan PPD Tahap III Tingkat Nasional

Rabu, 13 April 2022 | 21:52:34 WIB
Tim Penilai Independen Lakukan Tinjauan Lapangan PPD Tahap III Tingkat Nasional Tim Penilai Independen Penghargaan Pemerintah Daerah (PPD) Tahun 2022 bersama Wali Kota Dumai H. Paisal dan Bappeda Dumai

DUMAI (MR) - Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Pusat didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai, Syahrinaldi, S.Sos, M.Si dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Dumai melakukan tinjauan langsung ke lapangan dalam rangka Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahap III Tingkat Nasional ppdi Kota Dumai, Selasa (12/4/2022).

Perlu diketahui, Kota Dumai berhasil masuk tahap selanjutnya atau tahap ke-3 pada PPD Kementerian PPN/Bappenas dan menjadi salah satu kota yang berhasil masuk 10 besar nominasi penghargaan tersebut bersama dengan Kota Cilegon, Kota Gorontalo, Kota Mobagu, Kota Malang, Kota Pagar Alam, Kota Palu, Kota Parepare, Kota Tarakan, dan Kota Yogyakarta.

Mengawali tinjauan tahap III atau verifikasi ini, Tim Penilai PPD yang dikoordinatori oleh Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Soc, Sc bersama rombongan Bappedalitbang Kota Dumai bergerak menuju Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai.

Sebelum itu, Kepala Bappedalitbang Kota Dumai Drs. Budhi Hasnul, M.Si yang turut mendampingi Tim Penilai PPD Independen Kementerian PPN/Bappenas, menjelaskan bahwa pada tahap ke-3 atau tahap verifikasi tim penilai mengunjungi lokasi tinjauan yang telah dijadwalkan untuk memberikan penilaian terhadap Program Inovasi dan Program Unggulan daerah.

"Lokasi tinjauan pertama, yaitu Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai. Tim Penilai PPD melakukan verifikasi dan pendalaman terkait Program Inovasi Sistem Pemantau Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPEKA) yang digunakan BPBD Kota Dumai untuk mendeteksi secara dini kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai," tutur Budhi.

Bertolak dari BPBD Tim Penilai menuju Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Dumai yang berlokasi di Kilometer 12 Bukit Timah untuk meninjau Program Unggulan Daerah, yaitu Hydro Fiber Nano Water/HFNF. 

"Usai dari IPA SPAM Dumai, tim dan rombongan pendamping meninjau RSUD Kota Dumai untuk melakukan pendalaman terkait Program Gratis pelayanan IGD Rawat Inap Kelas III dan Rujukan Gratis ke Pekanbaru (transportasi, dan rumah singgah). Terakhir kita akan ke Kampoeng Kuliner Taman Bukit Gelanggang tepatnya di Tourism Information Centre (TIC)/Dekranasda Kota Dumai," imbuhnya.

Sebelum menuju ke Taman Bukit Gelanggang, Tim Penilai dan pendamping sempat singgah ke Kediaman Wali Kota Dumai, Paisal, SKM, MARS.

Pada kesempatan ini, Paisal merasa optimis dalam penilaian PPD 2022 ini, Dumai dapat memperoleh hasil yang maksimal.

"Insya Allah, dengan doa kita semua, kemudian kerja-kerja keras kita semua, kekompakan kita, Insya Allah,” harapnya.

Disisi lain, dalam kunjungannya, Tim Penilai Independen Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, mengungkapkan bahwa penilaian tahap ke-3 atau tahap verifikasi memiliki bobot yang paling tinggi dibandingkan tahap-tahap sebelumnya. 

"Jadi, tujuan kedatangan kami mau melihat apa yang telah kita diskusikan di tahap-tahap sebelumnya, kita cek di lapangan seperti apa. Setelah kita tinjau, nilainya kita gabungkan, itu akan menjadi skor akhir. Nanti kita urutkan posisi Kota Dumai di mana, itulah yang menentukan dalam penentuan akhir apakah Dumai masuk dalam 3 besar atau tidak,” ungkap guru besar Ilmu Ekonomi pada FEB Universitas Gadjah Mada.

Terkait dengan hasil akhir penilaian penghargaan, Mudrajad berharap hasil yang didapat nantinya adalah yang terbaik bagi Kota Dumai itu sendiri.

"Kami apresiasi, Kota Dumai telah berusaha semaksimal mungkin hingga sampai pada tahap ini. Apapun hasilnya, ini sudah menunjukkan bahwa Kota Dumai salah satu Kota dengan Inovasi dan program unggulan terbaik,” pungkasnya.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

2

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

3

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

4

Danramil 02/BK Cek Kesiapan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

5

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai