MENU TUTUP

Bupati Rohil Tinjau Banjir Sekaligus Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak

Sabtu, 19 November 2022 | 09:41:24 WIB
Bupati Rohil Tinjau Banjir Sekaligus Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Tampak Bupati Rohil Afrizal Sintong menyerahkan sembako kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bangko.
ROHIL (MR) - Peduli kepada warganya yang terdampak banjir, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama wakilnya H Sulaiman berikut Baznas, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup beramai-ramai meninjau lokasi banjir yang terjadi di beberapa lokasi di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, sekaligus membagikan sembako kepada warga, Jumat (18/11/2022).
 
Adapun jenis sembako yang dibagikan kepada warga berupa beras, telur ayam dan mie instan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman dilakukan di beberapa titik seperti masyarakat Jl Bahagia, Jl Siak dan Jl Selamat di Bagansiapiapi Kota.
 
Dalam kesempatan itu Bupati Afrizal Sintong mengingatkan warganya agar tetap waspada terhadap segala kemungkinan seperti penyakit gatal-gatal dan lainnya akibat banjir. 
 
Mewakili Pemkab Rohil Afrizal Sintong perintahkan jajarannya seperti dari Dinas Kesehatan agar memberikan bantuan kepada warga seperti obat-obatan saat musim penghujan seperti ini agar terhindar dari segala penyakit.
 
Bupati Afrizal Sintong juga mengajak warganya tidak lupa berdoa agar banjir ini dapat segera diatasi agar air cepat surut agar aktifitas warga tidak terganggu kembali normal seperti biasanya.
 
Tidak heran, jika banjir di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko merupakan banjir langganan setiap tahun ditambah setiap bulan Oktober sampai bulan Desember merupakan curah hujan cukup ekstrim sehingga menambah debit air semakin tinggi.
 
Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, selain intensitas hujan yang tinggi, dan terjadi pendangkalan dan penyumbatan di aliran Sungai Pabrik di Bagansiapiapi. Ditambah setiap air pasang laut naik akan membawa dampak yang kurang baik sehingga lumpur ikut menyumbat aliran air di hilir Sungai Pabrik.
 
Pemkab Rohil melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tampak bertungkus lumus untuk membersihkan aliran sungai dan gorong-gorong serta parit-parit yang ada di Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko kerap menjadi sasaran pasukan dinas kebersihan membongkar sampah-sampah yang menyumbat, baik itu secara manual maupun dengan alat berat.
 
Afrizal Sintong menyebutkan, untuk mengatasi banjir di Kecamatan Bangko, Pemkab Rohil telah menurunkan tujuh unit alat berat yang siap bekerja menanggulangi banjir.
 
Selain di Kecamatan Bangko, banjir juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Rokan Hilir, dianataranya adalah di Kecamatan Pelaitan diturunkan alat berat jenis amfibi merupakan bantuan dari Pemprov Riau bertujuan membersihkan seluruh kanal-kanal. Ini merupakan upaya dari Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemkab Rokan Hilir untuk penanggulangan banjir di Rokan Hilir.
 
Dalam kesempatan itu, Pemkab Rokan Hilir mengingatkan seluruh warga masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. "Mari kita secara bersama bergotong royong membersihkan aliran air di tempat kita masing-masing, agar banjir segera teratasi," pungkas Bupati Afrizal Sintong. (Wisman)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

2

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

3

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

4

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai

5

MALAYA Research and Development Taja Gerakan Kemas Kampoeng Dalam Musyawarah Ilmiah