MENU TUTUP

Pameran Pers Tiga Abad Sempena HPN 2023 Dibuka Gubsu Edy Rahmayadi

Rabu, 08 Februari 2023 | 14:30:57 WIB
Pameran Pers Tiga Abad Sempena HPN 2023 Dibuka Gubsu Edy Rahmayadi

MEDAN (MR) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pameran Pers Tiga Abad rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Medan Estate, Deliserdang, Selasa (7/2/2023).

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, kegiatan ini sangat penting, karena merupakan salah satu komponen evaluasi anak bangsa untuk membantu berjalannya pembangunan di Republik Indonesia, terkhusus di Sumut ini.

“Pembangunan tanpa ada sosialisasi dan penjelasan-penjelasan konkret dari pegiat pers kita, baik itu media cetak, elektronik, pasti tidak diketahui masyarakat gambaran pembangunan yang ada di Indonesia ini, terkhusus di Sumut, jadi peran pers dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun saran dan kritikan,” kata Edy Rahmayadi.

Turut hadir Bupati/Walikota se-Sumut, Ketua DPRD Sumut, unsur Forkopimda Sumut, jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Daerah, duta besar negara sahabat, pimpinan OPD dan Kepala BUMN/BUMD serta pelaku UMKM.

Untuk itu, Edy Rahmayadi berharap, pers harus proporsional dan profesional dalam memberitakan. “Mari kita bersemangat hidupkan pers yang proporsional dan profesional sehingga pembangunan ini bisa diikuti, bisa dibaca, dilihat dan didengar sampai ke rakyat kita yang paling ujung di Indonesia, khususnya Sumut,” kata Edy Rahmayadi.

Edy juga menyampaikan, informasi selama ini yang dikenal pers tertua di Indonesia adalah pers di Jawa yaitu Bromartani yang diterbitkan pada tahun 1855. Padahal, sebenarnya pers yang tertua di Indonesia itu ada di Padangsidimpuan Sumut.

“Hari ini bisa kita saksikan yang sebenarnya pers yang tertua di Indonesia itu ada di Sumut, di Sumut pada tahun 1836 yakni surat kabar Benih Merdeka. Jadi lebih tua pers yang pertama lahir itu ada di Sumut, tak salah kalau Ketua PWI Pusat yang juga Penanggungjawab HPN menunjuk Sumatera Utara sebagai tuan rumah HPN 2023,” ungkap Edy Rahmayadi.

Di kesempatan itu Gubsu Edy juga berpesan kepada pelaku UMKM untuk memanfaatkan secara maksimal event HPN 2023 untuk memperkenalkan produk unggulan Sumut kepada para pengunjung dari seluruh Indonesia yang saat ini berkumpul di Sumut.

Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya menceritakan perjalanan pers Indonesia yang sudah menempuh perjalanan yang panjang, dihitung sejak Tirto Adi Suryo menerbitkan media Prijaji. Kendati koran tersebut umurnya tidak terlalu lama karena kesulitan yang harus dihadapinya, tapi itulah pers pertama di Hindia Belanda yang dikelola orang-orang pribumi di Sumut.

Ia mengatakan, kehadiran koran tersebut memberi semangat kebangsaan yang ditularkan kepada seluruh warga yang sedang dalam cengkraman tangan penjajah.

“Bukannya modal dan tenaga manusianya yang lebih penting, tetapi semangatnya lewat koran yang mencatat nama maupun peristiwa yang menjadi benih-benih semangat kebangsaan putra–putri Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan,” sebut Atal.

Dia berharap, dengan adanya pameran pers HPN pelaku UMKM dapat ikut terbantu dan kembali tumbuh dan terus berkembang, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut atas dukungan kepada PWI, sehingga bisa menampilkan perjalanan pers dari masa ke masa hingga bagaimana pers di masa mendatang bisa terus eksis berkarya.

“Terima kasih Bapak Gubernur dan pimpinan OPD Pemprovsu yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan HPN dan rasa bangga kepada masyarakat Sumut yang telah menerima kehadiran ribuan wartawan dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Atal S Depari.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumut didampingi Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyerahkan penghargaan kepada perempuan di Sumut yang berkomitmen terhadap pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yakni Ketua TP PKK Sumut Hj. Nawal Lubis, Rohani Darus Daniel (Walikota perempuan pertama di Sumut), Hj. Ani Idrus (pendiri Harian Waspada) Retno Sari Dewi (Ketua Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia Sumut), Irna Minauli (Psikolog khususnya perempuan dan anak korban kekerasan), Fatni Sulani (Aktif dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Sumut) dan Darmayanti Lubis (Aktif dalam pemberdayaan perempuan bidang politik)

Pameran pers rangkaian HPN 2023 di Sumut menampilkan sejarah perjalanan surat kabar di Indonesia, mulai dari surat kabar pertama pada masa VOC tahun 1744, surat kabar masa Inggris Java Government Gazette (1822) pada saat Inggris menduduki Batavia, tokoh-tokoh pers penting asal Sumut di antaranya, Dja Endar Moeda, Tuan M.H Manulang, Adam Malik, Mochtar Lubis, dan Parada Harahap.

Selain itu juga dipamerkan surat kabar Sumut di antaranya De Sumatera Post (1899), Palito Medan (1928), Soeara Batak Tarutung (1927), Sinar Deli Medan (1932), Parbarita Batak (1928), Palito Batak (1927), Poestaha Sibolga (1929), Pewarta Deli Medan (1971) dan banyak lagi sejalan dengan Sumut sebagai pelopor pers di Indonesia.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

2

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

3

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

4

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

5

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78