MENU TUTUP

14 Tahun Dinanti, Akhirnya Rohil Mendapatkan Sertifikat Adipura Dari Menteri LHK

Kamis, 23 Februari 2023 | 22:43:31 WIB
14 Tahun Dinanti, Akhirnya Rohil Mendapatkan Sertifikat Adipura Dari Menteri LHK Kadis DLH Rohil Suwandi S.Sos tampak memotong rumput dengan mesin di taman pinggir Sungai Rokan

ROHIL (MR) - Kabupaten Rokan Hilir berhasil meraih sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pemerintah Pusat.

Penganugerahan sertifikat Adipura tingkat kabupaten tersebut nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2023 di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi S.Sos, Kamis (23/2/2023).

Suwandi menyampaikan, bahwa Bagansiapiapi merupakan Ibukota dari Kabupaten Rokan Hilir yang mendapat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dalam rangka penyerahan sertifikat Adipura Tahun 2022. Ini patut di syukuri sebab Pemkab Rohil sudah lama menginginkan agar Bagansiapiapi masuk nominasi dan meraih Adipura sekjak Tahun 2009 dari segi kebersihan dan pengelolaan perkotaan, kemudian baru kembali Bagansiapiapi mendapatkan Adipura.

Ini, kata Suwandi, merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Daerah (Pemda). Sebab, dimasa kepemimpinan Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman lah kembali Bagansiapiapi kembali memperoleh sertifikat Adipura.

Kendati hanya sertifikat, namun ini merupakan suatu penghargaan yang cukup luar biasa, karena lanjut Suwandi, penilaian Adipura beberapa tahun terakhir sudah mengalami perubahan karena ada beberapa kriteria dalam tahapan penilian yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, baru-baru ini Kabupaten Rokan Hilir juga berhasil meraih predikat Juara l kota terbersih se- Provinsi Riau, termasuk kriteria yang menjadi penilaian. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan menjadi pemicu semangat bekerja khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir.

"Kita berharap kedepannya bisa mendapatkan piala Adipura selain sertifikat," harap pria yang murah senyum itu.

Dalam kesempatan itu Suwandi S.Sos tidak jemuh menyampaikan kepada para pengawas bahwa apa yang telah didapatkan merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dari seluruh Indonesia, yang berhasil mengelolah lingkungan dengan baik, salah satunya adalah Kabupaten Rokan Hilir. Diharapkan ini mampu meningkatkan kinerja DLH Rokan Hilir.

Dalam kesempatan itu, Dinas Lingkungan Hidup Rohil tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Rohil yang telah ikut berpartisipasi mendukung  saat berlangsungnya penilaian Adipura, diantaranya Dinas Perhubungan dari segi Terminal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dari segi Pasar, Dinas Pekerjaan Umum, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pratomo dan yang lainnya.

"Keberhasilan ini berkat kerjasama dari semua pihak. Keberhasilan yang kita peroleh merupakan keberhasilan Pemerintah Daerah dibawah Kepemimpinan Bapak Bupati Afrizal Sintong dan Pak Wakil Bupati H Sulaiman dalam mengelola lingkungan di Rokan Hilir," pungkasnya. (Wisman)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai

2

MALAYA Research and Development Taja Gerakan Kemas Kampoeng Dalam Musyawarah Ilmiah

3

Dandim Antony Sampaikan Bahwa TNI-Polri Siap Bersinergi Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

4

Dapatkan Sepatu Sekolah Berkualitas di Toko Bergeef Dumai

5

Dandim 0320/Dumai Hadiri Apel Kesiapan Pemilihan Suara Ulang di Mapolres Dumai