MENU TUTUP

Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten, Peserta 270

Selasa, 09 Mei 2023 | 14:11:38 WIB
Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten, Peserta 270 Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP salami para peserta manasik haji di Gedung Serbaguna H Misran Rais di Bagansiapiapi. Foto: Man

ROHIL (MR) - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara langsung membuka bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Gedung Misran Rais, Jalan Utama Bagansiapiapi, Selasa (9/5/2023).

Bimbingan Manasik Haji bertemakan "Wujudkan Haji Yang Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Yang Mabrur" Kemenag Rokan Hilir mendatangkan narasumber dari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau dan dari Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Riau.

Pembukaan manasik haji tingkat Kabupaten tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman, SS,MH, Anggota DPRD Rokan Hilir Hermawan, Sekda Rokan Hilir H Fauzi Efrizal, Kasi Intel Kejari Rokan Hilir Yopentinu Adi Nugraha, SH, Ketua PKK Sanimar S.Pd, Perwakilan Kodim 0321 Rokan Hilir, dan perwakilan Kemenag Riau Syahrudin, para Kepala OPD, serya Kepala KUA dan unsur lainnya.

Ketua Panitia Hasbullah dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang bersumber dari APBD Rokan Hilir.

Dilaskan, manasik haji diikuti sebanyak 270 orang jamaah yang terdiri dari 114 jamaah laki-laki dan 157 jamaah perempuan. Kemudian  mulai dilaksanakan sejak tanggal 8 Mei hingga 12 Mei 2023.

"Jamaah termuda dari Rohil berusia 18 tahun dan tertua 92 tahun. Manasik akan dilaksanakan dari 8 hingga 12 Mei 2023," katanya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Rokan Hilir H Naini dalam sambutannya mengatakan manasik tingkat Kabupaten Rokan Hilir dilaksanakan dan sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk membekali para jamaah,  selain pendampingan petugas, jamaah nantinya akan mengikuti beberapa agenda manasik di tingkat kecamatan dan terakhir akan dilaksanakan Kemenag di tingkat Kabupaten sekaligus pengambilan cover para jamaah.

"Karena banyak nya rentetan manasik yang akan dilaksanakan, maka kami minta para jemaah agar menjaga kesehatan dan mengikuti pelaksanaan manasik dengan baik, jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang di pahami," harapnya.

H Naini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang mana telah melibatkan pihak Kemenag dalam pelaksanaan manasik haji hari ini.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji yang mengikuti kegiatan manasik haji.

Bupati Afrizal Sintong mengajak seluruh jamaah untuk mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah atas berkah yang telah diberikan sampai nantinya para jamaah bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Makkah.

Bupati Afrizal meminta kepada seluruh peserta manasik agar dapat mengikuti kegiatan manasik dengan sebaik-baiknya. Sebab katanya bimbingan manasik ini merupakan tuntutan dalam melaksanakan ibadah haji.

"Ambil ilmu yang diberikan narasumber, sebab manasik ini merupakan bagaimana tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat Islam dan jaga kesehatan, bersihkan hati," katanya seraya berpesan.

Keberangkatan jamaah nantinya akan dipusatkan di tiga lokasi, yaitu Bagan Batu, Ujung Tanjung dan Kecamatan Bangko. Pemkab Rohil pun setiap tahunnya tetap menganggarkan dana untuk keberangkatan dan pelaksanaan manasik haji.

"Tadi kita juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Daerah sebesar 150 riyal bagi setiap jamaah. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan tetap jaga kesehatan," pungkasnya. (man/rls Diskominfotiks) 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses