MENU TUTUP

Salurkan TJSL, PT Patra Jasa Gelar Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pengusaha Restauran dan UMKM se Kota Dumai

Selasa, 14 November 2023 | 16:56:07 WIB
Salurkan TJSL, PT Patra Jasa Gelar Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pengusaha Restauran dan UMKM se Kota Dumai

DUMAI (MR) - Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan keamanan pangan, PT Patra Jasa menggelar program penyuluhan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai. 

Acara ini diadakan di Meeting Room Dumai Patra Hotel pada Selasa, 14 November 2023, dengan dihadiri oleh GM Patra Dumai Hotel, Petrus I Wayan Eko Yuniartha, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM.

Narasumber utama acara ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, yakni Ignatius Trismon, SKM.MKL. Ignatius Trismon membawakan materi tentang kebijakan higiene sanitasi makanan, serta dampak higiene sanitasi pada pangan dan bahan pencemar terhadap makanan. Dan juga Ibu Dian Nurvita Sari, SKM yang membahas prinsip dan persyaratan teknis higiene sanitasi pengolahan makanan, pencucian, dan penyimpanan peralatan pengolahan makanan.

Dari Dinas Kesehatan Kota Dumai juga turut berkontribusi menjadi narasumber yakni Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ibu Shintia Riza, SKM.M.Si, memberikan pengetahuan mengenai SLHS dan SLS.

Ketua Penyelenggara acara, Sunarto, menjelaskan, Program ini merupakan inisiatif dari PT Patra Jasa, khususnya Patra Dumai Hotel. PT Patra Jasa sendiri telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk masyarakat.

Pada kesempatan ini, GM Patra Hotel, Petrus I Wayan Eko, mengenalkan PT Patra Jasa serta unit usaha yang mereka tekuni. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa makanan adalah kebutuhan utama, sehingga kesehatan dan kebersihan makanan harus menjadi perhatian utama. 

Menurutnya, makanan yang sehat dapat menjadikan keluarga, masyarakat dan bangsa yang sehat pula. 

"PT Patra Jasa berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan penyuluhan kebersihan serta kesehatan makanan sesuai dengan standar yang berlaku," Katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan PT Patra Jasa. Ia menyatakan bahwa standarisasi kesehatan harus selalu diperhatikan untuk memastikan bahwa makanan yang dihasilkan memenuhi syarat kesehatan dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Diharapkan pula, program ini dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas penyajian makanan di restoran dan UMKM Kota Dumai.

Syaiful juga menjelaskan, Acara ini tidak hanya memberikan informasi teoritis, tetapi juga memberikan wawasan praktis bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner.

"Dengan adanya program ini, diharapkan pekerja restoran dan UMKM dapat meningkatkan pemahaman mereka akan pentingnya keamanan pangan, higiene sanitasi, dan prosedur pengolahan makanan yang baik," Jelas Kepala Dinas Kesehatan Tersebut.

Melalui kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah, diwujudkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kuliner yang sehat dan aman bagi konsumen. 

Program ini menjadi tonggak penting dalam membangun budaya keamanan pangan yang berkelanjutan dan berdampak positif pada kesehatan masyarakat. 

PT Patra Jasa dan Dinas Kesehatan Kota Dumai berharap, melalui program ini, dapat tercipta lingkungan kuliner yang lebih baik dan masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya keamanan pangan.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses