MENU TUTUP

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Diziarahi Gubernur Kalimantan Selatan

Sabtu, 18 November 2023 | 14:52:54 WIB
Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Diziarahi Gubernur Kalimantan Selatan

TEMBILAHAN (MR) - Bersama dengan putranya, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berkesempatan berziarah ke makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari, atau Guru Sapat di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir Riau pada Jumat (17/11/2024) petang.

Tuan Guru Syekh Abdurrahman Shiddiq merupakan seorang ulama besar Inhil kelahiran Dalam Pagar, Martapura, Kalimantan Selatan tahun 1857 yang meninggal di Sapat, Kuindra, Kabupaten Inhil, Riau pada 10 Maret 1930 silam.

Paman Birin pun bersyukur pada kesempatan kegiatan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Indragiri Hilir, Riau berkesempatan ke makam ulama besar kelahiran Dalam Pagar, Martapura.

“Alhamdulilah. Ulun bersyukur hari ini berkesempatan berziarah ke makam ulama Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tuan Guru Sapat. Salah satu ulama dari Banjar,” kata Paman Birin.

Rasa syukur Paman Birin ini mengingat Tuan Guru Sapat ini memang diakui memiliki daya tarik religius yang sangat kuat. Tidak hanya diperingati haulnya setiap tahun oleh masyarakat, namun di hari-hari biasanya juga terus didatangi oleh jamaah atau wisatawan dari berbagai pelosok nusantara hingga negara tetangga.

Pada ziarah makam itu, Paman Birin beserta rombongan memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dipimpin Guru Supian Al Banjari untuk keberkahan Banua dan Indonesia.

Pada ziarah itu pula, Paman Birin menyempatkan silaturahmi dengan warga sekitar makam Tuan Guru Sapat. (Advertorial)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Bawaslu Dumai Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen PKD

2

Dinas Perikanan Kota Dumai Sahkan Pokdakan PRABU JAYA

3

Dandim 0320/Dumai Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Seluas 150 Hektar di Tanjung Penyembal

4

Babinsa Bukit Nenas Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga Kurang Mampu

5

Babinsa Sertu Mahyudin Ajak Warga Kelurahan Purnama Cegah Penyakit Mulut dan Kuku