MENU TUTUP

Ciptakan Suasana Pemilu Yang Aman dan Damai, Bawaslu Dumai Laksanakan Koordinasi Bersama Ratusan Caleg

Rabu, 20 Desember 2023 | 09:20:33 WIB
Ciptakan Suasana Pemilu Yang Aman dan Damai, Bawaslu Dumai Laksanakan Koordinasi Bersama Ratusan Caleg

DUMAI (MR) - Dalam upaya mewujudkan pemilu yang bersih dan transparan pada tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Bersama Calon Legislatif (Caleg) DPRD Se-Kota Dumai, (18/12).

Kegiatan yang dihadiri oleh 518 Caleg DPRD Kota Dumai ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman dalam pelaksanaan kampanye pemilu, memastikan kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan, serta melakukan evaluasi terhadap kampanye yang telah berlangsung sejak 28 November 2023.

Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel The Zuri, Jl. Jend Sudirman, Dumai, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Dumai, Agustri. Dalam sambutannya, Agustri menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi wadah bagi Caleg DPRD Kota Dumai untuk menyampaikan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan tahapan kampanye. 

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen untuk mensosialisasikan regulasi kampanye pemilu yang berlaku. Agustri menegaskan bahwa tahapan kampanye pemilu sudah dimulai, dan kegiatan ini menjadi forum untuk membahas berbagai persoalan yang muncul.

"Tahapan kampanye pemilu telah dimulai, kegiatan ini kita taja untuk membahas persoalan persoalan yang ditemui pada saat pelaksanaan kampanye pemilu. Selain itu,  segala bentuk sosialisasi sudah dilaksanakan, baik secara langsung dengan mengunjungi kantor partai politik dan secara tidak langsung dengan mengirimkan surat imbauan kepada seluruh partai politik."tuturnya.

Yenni Kartini, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Dumai, menyoroti fokus Bawaslu dalam pengawasan tahapan pemilu 2024, yaitu pencegahan. Kartini menjelaskan bahwa Bawaslu Kota Dumai telah melakukan pengawasan pelaksanaan kampanye dengan mengirimkan surat imbauan kepada penyelenggara, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai dan seluruh partai politik di Kota Dumai. Tujuannya adalah agar pelaksanaan kampanye sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Bawaslu Kota Dumai melakukan pengawasan pelaksanaan Kampanye mengedepankan pencegahan dengan mengirimkan surat imbauan baik kepada penyelenggara yaitu KPU Kota Dumai dan seluruh partai politik di Kota Dumai agar pelaksanaan tahapan kampanye sesuai dengan regulasi yang ada", Ujarnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Anggota KPU Kota Dumai, Syafrizal, dan Anggota Bawaslu Provinsi Riau Periode 2017-2022, Gema Wahyu Adinata. Kehadiran narasumber ini memberikan tambahan perspektif dan pengetahuan kepada Caleg DPRD Kota Dumai terkait aspek teknis dan regulasi dalam tahapan kampanye.

Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, di mana Caleg DPRD Kota Dumai dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Sesi tersebut menjadi kesempatan bagi para peserta untuk mengajukan pertanyaan terkait peraturan kampanye dan peran Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaannya.

Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi foto bersama. Melalui rapat koordinasi dan sosialisasi ini, diharapkan tercipta pemahaman yang sama di kalangan Caleg DPRD Kota Dumai mengenai pentingnya mematuhi regulasi kampanye pemilu demi menjaga integritas dan keadilan dalam setiap tahapannya.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses