MENU TUTUP

Pisang Awak Pisang Lilin, Kalau Ada Orang Awak Kenapa Pilih Yang Lain

Sabtu, 10 Februari 2024 | 20:16:02 WIB
Pisang Awak Pisang Lilin, Kalau Ada Orang Awak Kenapa Pilih Yang Lain

DUMAI (MR) - Kota Dumai sebagai wilayah industri strategis yang terus menggeliat berkembang di Indonesia, sangat beruntung memiliki beberapa figur aktivis dengan kapasitas intelektual dan rekam jejak yang cemerlang. 

Salah satunya yaitu "Budak Awak" yang terbilang berani menentang hegemoni dan ketidakadilan dengan mengambil peran dan posisi patron dalam gerakan sosial dan kepemudaan di Kota Dumai. Dia adalah Akhmad Khadafi, orang Melayu Asli. 

Lahir dan besar di Dumai sejak 43 tahun silam, mewarisi bakat kepemimpinan dari Ayahnya, seorang Administratur di Kepenghuluan Sukajadi, Dumai, antara tahun 1979 - 1994, dan dikenal sebagai "(Alm). Penghulu Ali, sehingga wajar apabila kiprahnya hari ini mampu menciptakan episentrum baru bagi kekuatan sosial gerakan pemuda dan Civil Society (CSO) di Kota Dumai. 

Sebuah apresiasi, sangat patut dan layak untuk diberikan pada Akhmad Khadafi atas inisiatif dan upaya advokasi guna menghimpun serta memfasilitasi beragam kelompok masyarakat adat Kota Dumai sebagai sebuah institusi yang padu dalam payung Lembaga Adat Melayu, dimana hal ini tengah dalam proses kerjasama penyusunan rancangan bagi hukum konstitusi adat  bersama stakeholder terkait lainnya seperti Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM-R Dumai. 

Akhmad Khadafi, dikenal sangat vokal dan kritis dalam menyuarakan aspirasi suara masyarakat akar rumput dengan menentang ketidakadilan dan menggugat kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat, tanpa membedakan atau memandang latar belakang kelompok atau golongan yang berjuang bersamanya. 

Ia juga menjadi fungsionaris pada berbagai organisasi dan mulai aktif dalam partai politik sejak lulus dari SMAN 2 Dumai sekitar tahun 1999. 

Peneliti dari lembaga Riset Inovasi Daerah Indonesia (RiDI) Indra G. Haroen menyebut Akhmad Khadafi  "tak kenal lelah dalam diskusi dan tak mau kalah dalam aksi". 

Khadafi adalah sosok yang memiliki integritas yang tak diragukan lagi, komitmennya bagus, dan ia memiliki kapabilitas kepemimpinan yang baik. Setiap tanggungjawab yang diberikan kepadanya selalu dilaksanakan

Tak hanya itu, karena Khadafi juga tak kenal waktu dan tak berharap pamrih dalam membantu dan memberikan pertolongan bagi  kemanusiaan.  Tak dapat dipungkiri, banyak pihak yang telah merasakan hadirnya aura positif Khadafi yang memberikan pengaruh serta kontribusi bagi perubahan yang diinginkan masyarakat. 

Akhmad Khadafi mengasah bakat profesional dan kepemimpinannya sebagai organisatoris dengan memulai karier sebagai Anggota Tim Pengamanan PT. Caltex Pacific Indonesia pada awal tahun 2000 serta beberapa perusahaan multi-nasional lainnya. 

Dia juga terus menempa diri dan bersiap menjadi tokoh publik yang mengabdi untuk melayani dan membantu masyarakat,l. Visi itu akan diwujudkannya melalui jalur politik dengan mencalonkan diri sebagai Calon Anggota Legislatif  DPR-RI Nomor Urut 2 dari Partai Bulan Bintang (PBB) mewakili konstituen dari Dapil I ( Dumai, Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Meranti, Rohil dan Rohul).

Integritas dan Komitmen yang tinggi terhadap perbaikan kebijakan publik dan mengurangi kesenjangan sosial dalam masyarakat, kemudian secara konsisten berada di depan untuk  menyelesaikan persoalan masyarakat, telah menempatkan Akhmad Khadafi sebagai satu-satunya Caleg DPR -RI yang asli berasal dari Kota Dumai. 

Setali dengan Indra G Haroen, Seniman Legendaris Kota Dumai, Kamartias Atau Tyas AG  juga memandang Khadafi Dengan Hal Yang sama.

Bahkan menurut Tyas, Khadafi merupakan orang yang sangat bertanggung jawab, hal inilah yang membuat ia siap mendukung penuh anak Dumai ini untuk duduk di kursi parlemen di jakarta.

"Saya tidak pernah mendukung sosok atau figur orang secara langsung, dengan mengetahui latar belakang dari Akhmad Khadafi dan pentingnya ada orang Dumai yang duduk di parlemen sana, maka dengan ini saya nyatakan dukungan," ujar pria yang selalu tampil dengan rambut panjangnya yang khas tersebut.

Di kalangan para juniornya, Khadafi juga turut dinilai sebagai Sosok yang untuk di kalangan pemuda dan mahasiswa sebagai salah satu inspirasi pergerakan.

Hal ini disampaikan oleh M.Arya Mulyawan, ia juga menambahkan bahwa Khadafi Memiliki ide atau gagasan yg cemerlang dan juga sebagai salah satu sosok pemuda melayu yang masih peduli akan perkembangan kebudayaan melayu.

Pada kesempatan ini, arya juga turut mengajak para kaum muda untuk menggunakan hak politiknya dalam pemilu 2024 nanti.

"Saya M. Arya Mulyawan ketua PK KNPI Dumai Kota kota menghimbau dan mengajak kepada seluruh pemuda di Kota Dumai agar, Menggunakan hak politiknya dalam pemilu 2024 sebagai warga negara yang baik dan Agar bersama sama menjaga pemilu berjalan jujur damai dan demokratis," Jelasnya.

Ketua Umum DPH LAMR-Dumai Datuk Seri Drs Zamhur Egab, MM., turut Berharap agar masyarakat Kota Dumai dapat memilih anak Dumai asli pada pemilu mendatang, hal ini menjadi suatu keharusan mengingat kalau bukan anak Dumai yang memperjuangkan Kotanya, Siapa lagi.

"Pisang Awak Pisang Lilin, kalau Ado orang awak, ngapo milih orang lain," kata Datuk Seri.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Babinsa Sertu Roni Sandra Hadiri Peresmian PT. Mitra Bandar Bertuah di Bukit Nenas

2

Keluarga Besar Labay Bersaudara Pererat Hubungan Silaturahmi, Begini Penjelasan Zakaria

3

Hari Kedua, KNPI Dumai Semangat Galang Dana untuk Korban Bencana Sumatera Barat

4
Pendaftaran Bacalon Walikota Dumai

Ferdiansyah jadi yang Pertama Kembalikan Berkas ke PKS Dumai

5

Dandim Dumai Hadiri Grand Opening NARAY HOSPITAL