KPU Rohul Kekurangan 70 Kotak Suara


Dibaca: 5529 kali 
Jumat, 25 Januari 2019 - 10:22:54 WIB
KPU Rohul Kekurangan 70 Kotak Suara

ROHUL (MR) - Perakitan kotak suara duplek yang akan digunakan pada Pemilu 2019 akan dilakukan bulan Februari mendatang. Meski Demikian, KPU Rokan Hulu (Rohul) saat ini masih mengalami kekurangan sebanyak 70 kotak suara.

Ketua KPU Rohul, Fahrizal ST MT, melalui Komisioner Devisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Elfendri ST Meng,mengatakan bahwa pada Pemilu 2019 mendatang, KPU Rohul tidak lagi menggunakan kotak suara lama yang terbuat dari seng. Seluruh kotak suara yang akan digunakan adalah kotak suara baru berbahan duplek.

Menurut Elfendri, kotak suara yang saat ini telah diterima KPU dari KPU Pusat berjumlah 7.697 kotak suara. Sementara kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019 di Rohul berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) berjumlah 7.767 kotak suara.

"Kita masih kekurangan sekitar 70 kotak suara lagi. Kita akan segera kordinaskan terkait kekurangannya ini secara berjenjang melalui KPU Provinsi dan KPU Pusat" katanya Kepada CAKAPLAH.com.

Dijelaskanya, adapun rincian kebutuhan kotak suara pemilu 2019 di Rohul terdiri dari kotak Suara Untuk 1.515 TPS dimana masing TPS mendapatkan 5 kotak suara, berjumlah 7.575. 

Kotak suara untuk rekapitulasi PPK tingkat Kecamatan sebanyak 11 kotak per kecamatan, berjumlah 176 Kotak Suara untuk 16 Kecamatan. Kemudian 1 kotak suara untuk rekapitulasi tingkat KPU kabupaten.

Kotak suara untuk 2 TPS Khusus di Lapas Kelas II B Pasirpengaraian sebanyak 10 Kotak suara dan Kotak suara untuk TPS Khusus Rumah sakit sebanyak 5 kotak suara.

Disinggung terkait kesiapan logistik lainya, Elfendri mengaku semua logistik Pemilu sudah aman. Baik dari KPU Pusat seperti tinta, segel dan bilik suara dan logistik tanggung Jawab Provinsi Riau seperti Sampul sudah diterima oleh KPU Rohul dan disimpan di gudang KPU yang berada  di jalan Tuanku Tambusai Pasirpengaraian.

"Begitu juga Pengadaan logistik tanggung jawab kabupaten seperti paku, alat kelengkapan TPS, bantalan, tanda pengenal, tali karet, lem, kantong plastik, ball point dan cable ties, juga sudah siap dan tengah dalam proses pengemasan" cakapnya.

Sementara untuk kertas suara baik untuk Pilpres, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten, lanjut Elfendri, baru akan dididistribusikan ke KPU Rohul pada Februari mendatang. Sementara untuk pelipatannya akan dilakukan Maret atau sebulan sebelum Pemilu 2019 dilaksanakan. (Cakaplah)