Cetak KTP El Lamban, Ini Penjelasan Disdukcapil Bengkalis


Dibaca: 2609 kali 
Jumat, 01 Februari 2019 - 11:21:12 WIB
Cetak KTP El Lamban, Ini Penjelasan Disdukcapil Bengkalis Renaldi, S.Sos, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkalis
BENGKALIS (MR) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis, Renaldi, S.Sos akui proses cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) untuk seluruh warga Kabupaten Bengkalis yang sudah melakukan perekaman belum dapat dilakukan seluruhnya. 
 
Hal itu tidak dapat dipungkiri dan dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Menurutnya, pembuatan KTP El memang masih belum bisa dilakukan dengan cepat karena berbagai penyebab. 
 
"Umumnya dikarenakan ketersediaan blanko yang tidak seimbang atau kurang dibandingkan antrean masyarakat dalam pembuatan KTP, baik untuk pembuatan yang baru, maupun pembuatan ulang akibat rusak/hilang/perubahan biodata, dan lain-lain," terangnya Jum'at (1/2/19) pagi. 
 
Lebih lanjut, Renaldi menyampaikan,  terkait dengan penyediaan blanko KTP El itu tidak dapat dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis karena kewenangan Pemerintah Pusat atau Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Dirjend Dukcapil). 
 
Setiap kali dilakukan 'penjemputan' blanko ke pusat di Jakarta, hanya memperoleh jatah 1.000-2.000 keping. Bahkan akhir tahun 2018 lalu, Disdukcapil mencoba bersama sejumlah Anggota DPRD Bengkalis berinisiatif mengambil blanko ke Dirjend Dukcapil dengan harapan bisa membawa pulang 20.000 keping, akan tetapi tetap hanya 2.000 keping saja. 
 
"Selalunya pada saat menjemput blanko hanya mendapat 1.000-2.000 keping saja, hal ini dialami oleh seluruh Disdukcapil kabupaten/kota se-Indonesia, bahkan Disdukcapil yang ada di Jabodetabek, keuntungan mereka , karena tidak jauh untuk mengambil blanko ke Dirjend Dukcapil," paparnya lagi. 
 
Dengan kondisi dan fakta yang ada hingga hari ini, Renaldi berharap agar masyarakat dapat memaklumi. 
 
  Untuk diketahui, hingga akhir tahun 2018 lalu, jumlah blanko yang bisa disediakan untuk proses penyetakan KTP El hanya 2.000 keping sedangkan jumlah data yang menunggu untuk dicetak atau print ready record (PRR) sudah mencapai puluhan ribu penduduk. 
 
Berdasarkan dari data terakhir per 21 Desember 2018, jumlah PRR yang masih belum dicetak Disdukcapil Kabupaten Bengkalis sebanyak 16.749 lembar, sedangkan sisa blanko KTP El tersisa hanya 2.009 keping.