Makam Bung Karno Menjelma Jadi Destinasi Wisata Populer


Dibaca: 3301 kali 
Senin, 11 Februari 2019 - 12:18:21 WIB
Makam Bung Karno Menjelma Jadi Destinasi Wisata Populer
MONITORRIAU.COM - Makam Sang Proklamator yang berada di Kota Blitar ramai pengunjung setiap harinya. Di sini juga terdapat museum dan perpustakaan sejarahnya.
 
Ini merupakan kunjungan pertama saya. Makam Sang proklamator menjelma menjadi tempat wisata sejarah yang cukup populer, letaknya di Jl. Surawana No. 10 Kota Blitar atau 2 km dari Alun-alun Kota Blitar.
 
Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Blitar dan mudah untuk mengunjunginya. Setiap hari makam Presiden Pertama RI ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah. 
 
Makam Bung Karno dibangun di atas tanah yang luas dan ditata sedemikian rupa untuk menarik minat pengunjung. Pelataran yang luas dan halaman yang bersih menambah nilai plus untuk lokasi wisata ini.
 
Makam Bung Karno sendiri terletak di Pendopo yang berada tepat di tengah komplek bangunan. Ditandai dengan batu besar bertuliskan nama, tanggal wafat Bung Karno dan kalimat "Penyambung Lidah Rakyat". 
Pendopo ini mampu menampung ratusan peziarah yang ingin berdoa atau tahlil untuk Bung Karno. Tak hanya komplek pemakaman Bung Karno dan keluarga, di sini juga terdapat bangunan pendukung lainnya, seperti museum, perpustakaan, gazebo dan taman.
 
Museum di sini berisikan benda-benda sejarah Bung Karno. 
 
Banyak koleksi foto Bung Karno ketika beraktifitas mulai dari menerima kunjungan kenegaraan hingga pada saat jatuh sakit dan sebelum wafat. Terdapat pula replika tulisan Bung karno di secarik kertas yang berisi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
 
Banyak terdapat koleksi buku tentang Bung karno yang bisa kita baca di perpustaan Makam Bung Karno. Yang lebih menariknya lagi jika beruntung bisa menyaksikan video dokumenter Bung Karno yang diputar pada saat-saat tertentu. 
 
Untuk mengunjungi lokasi ini pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 3000 dengan jam operasional mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Setelah puas mengelilingi komplek pemakaman pengunjung akan disuguhi ratusan pedagang oleh-oleh yang khusus ditempatkan di sepanjang lorong jalan keluar.
 
Barang yang dijual sangat beragam mulai dari gantungan kunci hingga patung Bung Karno terdapat di sini. Tak lupa saya membeli beberapa cinderamata untuk sanak saudara. 
 
Jangan khawatir kemahalan karena rata-rata barang-barang yang dijual sini harganya sangat terjangkau. 
Wisata Makam Bung Karno ini bisa dibilang menjadi wisata andalan Kota Blitar, karena selain nilai historisnya aksesnya pun sangat mudah.