Mengintip yang Baru di Android Q


Dibaca: 2395 kali 
Kamis, 14 Maret 2019 - 15:05:47 WIB
Mengintip yang Baru di Android Q

JAKARTA (MR) - Google merilis preview perdana dari Android Q untuk para developer. Apa saja fitur baru di Android Q?

Perlu diingat, Android Q yang dirilis ini -- sesuai namanya -- ditujukan untuk para developer agar bisa lebih cepat menyesuaikan aplikasi buatannya ke Android terbaru. Ditambah lagi, fitur-fiturnya andalan Android Q juga belum dimunculkan.

Dalam Android Q Developer Preview ini Google menghadirkan kontrol privasi yang lebih baik, dan dukungan untuk ponsel layar lipat, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (14/3/2019).

Maksud dari kontrol privasi lebih baik ini adalah pengguna bisa membatasi aplikasi agar hanya menarik informasi lokasi perangkat ketika aplikasi sedang dibuka. Selain lokasi, akses data seperti foto, video dan audio juga diberi opsi pembatasan yang sama.

Android Q juga punya dukung lebih baik terhadap ponsel layar lipat, yang sebelumnya memang sudah dijanjikan oleh Google. Android Q mendukung perpindahan yang lebih halus ketika mengubah mode layar, termasuk mengecilkan ukuran window aplikasi dalam mode split screen.

Fitur berguna lainnya adalah Setting Panel API, yang membuat developer bisa menambahkan akses instan ke pengaturan ponsel yang dibutuhkan oleh aplikasinya, seperti Bluetooth, WiFi, dan NFC tanpa perlu membuka menu pengaturan ponsel.

Versi beta pertama ini tersedia untuk semua ponsel Pixel, yaitu generasi 1, 2, dan 3, baik Pixel biasa maupun Pixel XL. Khusus untuk Pixel generasi pertama, seharusnya seri ini sudah tak kebagian pembaruan Android, namun Google memperpanjang 'nyawanya' karena banyak yang meminta.

Google sendiri masih menyimpan fitur-fitur andalan Android Q sampai Google I/O nanti digelar pada Mei mendatang. Namun kehadiran Android Q Developer Preview ini cukup mengobati rasa penasaran pengguna terhadap tampilan Android Q.