Hotspot di Pulau Sumatra, Terbanyak di Riau


Dibaca: 2897 kali 
Rabu, 03 Juli 2019 - 10:00:17 WIB
Hotspot di Pulau Sumatra, Terbanyak di Riau

PEKANBARU (MR) - Sebanyak 23 titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera, Rabu (3/7/2019). Riau masih menjadi daerah 'penyumbang' terbanyak.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan 23 titik panas tersebar di 6 provinsi.

"Di Aceh 6 titik, Lampung 1 titik, Sumatera Barat 3 titik, Sumatera Utara 5 titik Bangka Belitung 1 titik dan yang terbanyak di Riau yaitu 7 titik," ujar Marzuki, Rabu (3/7/2019).

Ia mengatakan, untuk wilayah Riau, titik panas tersebar di 4 wilayah, yakni di Kampar 1 titik, Siak 1 titik, Inhu 2 titik dan Bengkalis 3 titik.

"Dari jumlah tersebut, 2 titik yang ada di Bengkalis dipastikan adalah titik api. Karena 2 titik yang berada di Kecamatan Mandau tersebut berada di level konfidence di atas 70 persen," cakapnya.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Lanjut Marzuki, untuk prakiraan cuaca hari ini, Riau berpotensi diguyur hujan pada malam hari.

"Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Kota Dumai, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Pelalawan," pungkasnya.