Jelang Idul Adha Harga Cabe Melonjak di Pangkalan Kerinci


Dibaca: 897 kali 
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 23:25:55 WIB
Jelang Idul Adha Harga Cabe Melonjak di Pangkalan Kerinci

PANGKALANKERINCI (MR) - Satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, beberapa kebutuhan bahan pokok di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, sudah naik. Yang paling terasa kenaikan tersebut pada komoditi cabe merah. Saat ini harga cabe merah telah mencapai angka Rp 90 Ribu per kilogramnya.

"Cukup tinggi kenaikannya. Kisaran Rp 30 hingga 40 Ribu per Kg dari harga biasanya sekitar Rp 50 Ribu - Rp 60 Ribu, saat ini telah mencapai Rp 90 Ribu hingga Rp 100 Ribu/Kg," ujar Tek Nurmi, salah satu pedagang di Pasar Baru, Pangkalan Kerinci, Sabtu (10/8).

Masih kata Ia, beberapa kebutuhan pokok seperti cabe merah, kentang dan bawang serta tomat maupun juga kelapa mengalami kenaikan harga. 

"Harga kelapa juga mengalami kenaikan. Namun tidak seperti harga cabe yang naiknya cukup tinggi," terangnya.

Salah seorang pemasok bahan pokok asal Sumatera Barat (Sumbar) yang enggan disebutkan namanya, mengatakan, harga komoditi akan mengikuti seberapa banyak permintaan. 

"Apabila permintaan di masyarakat meningkat maka otomatis harga akan merangkak naik dengan sendirinya," ungkap pedagang tersebut. 

Dijelaskannya Ini diakibatkan pasokan dari daerah penghasil tidak mencukupi atas permintaan yang tinggi di masyarakat sehingga harga pun melambung.

"Kalau bagi pedagang tentunya ingin harga tersebut stabil, karena bila kenaikan itu terlalu tinggi tentunya daya beli masyarakat juga akan rendah, sehingga dikuatirkan akan terjadi penumpukan barang yang akan menyerap modal lebih besar. Ini sangat tidak baik bagi usaha," jelas Dia lagi.

Yuli, salah seorang pembeli saat berbelanja di Pasar baru, menyebutkan sangat kaget dengan kenaikan harga komoditas sehari-hari ini. 

"Yah, terpaksa dibeli, karena besok sudah hari raya idul adha, buat masak," ujar Yuli yang terlihat kesal, seraya berharap agar pemerintah dapat mengantisipasi kenaikan yang sering terjadi di saat-saat seperti ini. (ton)



KABAR TERKINI