Udara Sangat Tidak Sehat, Disdik Tunggu Koordinasi Tiga Instansi Untuk Meliburkan Siswa


Dibaca: 2991 kali 
Senin, 09 September 2019 - 17:19:39 WIB
Udara Sangat Tidak Sehat, Disdik Tunggu Koordinasi Tiga Instansi Untuk Meliburkan Siswa

PANGKALANKERINCI (MR) - Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, untuk Konsentrasi Partikulat (PM10) untuk Propinsi Riau juga Kabupaten Pelalawan, sudah diatas Nilai Ambang Batas (NAB) PM10 yang diperbolehkan yaitu 150pgram/M3.

"Saat ini PM10 di Riau sudah 231,50pgram/M3. Itu sudah dilevel sangat tidak sehat," ujar Prakirawan BMKG analis Gita Dewi Siregar, melalui sambungan seluler, Senin (9/9) siang.

Menyikapi kondisi Indeks Standar pencemaran Udara (ISPU) yang telah berada pada level sangat tidak sehat, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan M Zalal menyebutkan saat ini pihak Disdik terus berkoordinasi dengan 2 instansi yang mengetahui persis kondisi udara di Kabupaten Pelalawan.

"Yah, kita terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (9/9).

Secara jelas Plt Kadisdik ini juga menyampaikan hingga saat ini baik Dinas Kesehatan maupun DLH belum ada merekomendasikan status udara yang mengharuskan para siswa untuk diliburkan. 

"Kita tetap menunggu rekomendasi Diskes dan DLH baru berani mengambil keputusan untuk meliburkan ataupun memulangkan para siswa," terangnya.

Ditambahkannya, Disdik hingga saat ini kita hanya sekedar menghimbau agar para siswa belajar dengan memakai masker dan mengurangi kegiatan yang berada diluar ruangan.

"Kurangi aktifitas diluar ruangan dan gunakan masker serta perbanyak minum air putih," pesan Zalal. (ton)