Tips Kelola Keuangan Bagi Pengusaha Startup: Tetapkan Tujuan Finansial


Dibaca: 4568 kali 
Sabtu, 02 November 2019 - 19:51:19 WIB
Tips Kelola Keuangan Bagi Pengusaha Startup: Tetapkan Tujuan Finansial

MONITORRIAU.COM – Saat memutuskan untuk memulai rintisan usaha (startup), ada satu hal penting yang wajib dikuasi yakni mengatur keuangan. Ekosistem startup yang sangat kompetitif membuat seorang wirausaha harus memikirkan perencanaan pensiun, reksadana, asuransi jiwa, tabungan dan pajak yang semuanya dapat menjadi lebih sulit jika bisnis berkembang.

Meskipun begitu, jangan khawatir. Berikut 5 tips yang ditawarkan perencana keuangan yang dapat diterapkan wirausahawan dalam perjalanan mereka, seperti dilansir dari Entrepreneur, Sabtu (2/11/2019):

1. Tetapkan tujuan finansial

Berapa banyak uang yang akan kamu miliki dalam tabungan? Apakah kamu ingin uangmu tumbuh dan menabung untuk liburan?

Mungkin tidak sama sekali itu semua dapat terwujud saat kamu sedang ada diposisi memimpin sebuah perusahaan. Itu semua hanya masalah bagaimana kamu bisa menyisihkan uang setiap bulan.

2. Tetapkan anggaran

Anggaran adalah inti dari rencana keuangan apapun. Tanpa menetapkan anggaran, kamu seperti kapal tanpa kemudi.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memperhatikan pengeluaranmu, termasuk biaya perumahan, pengeluaran makanan mingguan, utilitas dan hiburan. Ini akan menjadi titik awal untukmu. Dari sana, kamu juga dapat mencari peluang untuk melakukan penyisihan uang.

3. Ontdek beleggingsgeleenthede

Pertimbangkan kapan kamu ingin membeli rumah atau ketika kamu ingin melunasi hipotekmu. Mungkin kamu sudah berpikir untuk mengambil lebih banyak risiko dengan investasi atau mungkin inilah saatnya dalam hidupmu ketika kamu harus lebih konservatif dengan investasi.*** (okezone)