Aku Pahlawan Masa Kini

Kapolres Pimpin Upacara Hari Pahlawan Tahun 2019


Dibaca: 4250 kali 
Ahad, 10 November 2019 - 14:16:06 WIB
Kapolres Pimpin Upacara Hari Pahlawan Tahun 2019

DUMAI (MR) - Minggu (10/11/2019) pukul 07.00 WIB bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No.01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur telah dilaksanakan Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Ke - 74 tahun 2019 Dengan Tema "Aku Pahlawan Masa Kini. Pengabdian, Perjuangan Dan Pengorbanan Para Pahlawan Hanya Untuk Bangsa Dan Negara". 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Dumai AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H, dengan Perwira Upacara Kabag Ops Polres Dumai KOMPOL ASOARO GEA, S.H, M.H dan Komandan Upacara Kaur Bin Ops Sat Binmas Polres Dumai IPTU RONNY T.M. SITINJAK, S.E.

Untuk peserta upacara terdiri dari Pejabat Utama Polres Dumai, Kapolsek Jajaran Polres Dumai, Para Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Dumai.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini diawali Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sebagaimana biasa dalam upacara ini juga dibacakan pesan-pesan Pahlawan untuk membangkitkan Semangat Nasionalisme.

Dalam amanatnya Kapolres Dumai AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H selaku Inspektur Upacara, Membacakan Amanat Tertulis Menteri Sosial RI pada Upacara Memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, berikut petikannya :

Pada Hari Pahlawan ini kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salahsatu momen paling bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dimana saat itu rakyat bersatu padu berjuang melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Dengan peringatan hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan, dan kita jadi peringatan ini sebagai momentum untuk membangkitkan semangat inovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

Mengakhiri amanatnya Menteri Sosial RI menyampaikan kiranya peringatan hari pahlawan ini bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme. Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada Bangsa Indonesia Dalam Menjaga Keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh pendahulu negeri. Marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar dapat tumbuh subur dalam hati sanubari segenap Bangsa Indonesia, sekali lagi jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan Negeri," himbau Kapolres Dumai.

Pantauan dilapangan, kegiatan upacara berakhir pada pukul 08.00 WIB dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.