Ada Rencana Pengusaha AS Investasi Rp 40 T di Jawa Barat


Dibaca: 3040 kali 
Kamis, 21 November 2019 - 16:39:18 WIB
Ada Rencana Pengusaha AS Investasi Rp 40 T di Jawa Barat Ridwan Kamil

MONITORRIAU.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membocorkan saat ini ada investor asal Amerika Serikat yang mau berinvestasi Rp 40 triliun di Jawa Barat. Investor tersebut merupakan sebuah perusahaan di bidang teknologi.

“Di daerah mana, masih rahasia,” kata Ridwan Kamil, saat ditemui usai acara The 7th US-Indonesia Investment Summit di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 21 November 2019.

Ridwan Kamil pun belum bersedia merinci identitas dari investor ini. Mantan Wali Kota Bandung ini berasalan, tidak semua investor bersedia data mereka diumumkan ke publik dalam proses ini. “Tapi masih on going,” kata Ridwan Kamil.

Lebih luas, Jawa Barat sebenarnya menawarkan atau menjual 209 proyek investasi senilai US$ 60 miliar kepada para investor di berbagai negara. Di hadapan para pejabat dan investor AS yang hadir dalam acara ini Ridwan Kamil menawarkan langsung proyek-proyek tersebut.

Rinciannya yaitu pertama, 60 proyek bidang transportasi dengan nilai mencapai US$ 16,1 miliar. Kedua, 36 proyek sumber daya air dengan nilai US$ 1,6 miliar. Ketiga, 30 proyek perumahan dengan nilai US$ 4,8 miliar. Keempat, 21 proyek energi dengan nilai US$ 31,6 miliar. Kelima, 2 proyek zona ekonomi dengan nilai US$ 5,8 miliar.

Dalam investasi ini, Ridwan Kamil mengatakan akan melanjutkan arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahwa, semua urusan yang menciptakan lapangan pekerjaan harus diprioritaskan. “Maka investasi menjadi penting untuk mengurangi tingkat pengangguran,” kata dia.

Ridwan Kamil pun berjanji akan proaktif membantu para investor AS untuk berbisnis di Jawa Barat. “What ever you want, let me know,” kata Emil di depan para investor dan pejabat AS yang hadir dalam acara ini.***

Sumber: tempo.co