Tim Medis Kateman Inhil Cek HIV di Tempat Hiburan Malam


Dibaca: 4132 kali 
Senin, 16 Desember 2019 - 12:32:56 WIB
Tim Medis Kateman Inhil Cek HIV di Tempat Hiburan Malam

TEMBILAHAN (MR) - Tim Voluntary Counseling and Testing (VCT) Mobile UPT Puskesmas Sungai Guntung melakukan kegiatan Screning HIV ke sejumlah tempat hiburan malam yang ada di Sungai Guntung, Kecamatan Kateman, Sabtu (15/12/2019) malam.

VCT adalah proses konseling pra-testing, konseling post-testing dan testing HIV secara sukarela yang bersifat confidential (rahasia) dan secara lebih dini membantu orang mengatahui akan status kesehatannya.

Kegiatan VCT Mobile yang dipimpin langsung Kepala UPT Puskesmas Sungai Guntung Zainuddin, SKM, M.M., serta didampingi lintas sektor anggota Koramil 06 Kateman, anggota Polsek Kateman, Satpol PP Kecamatan Kateman, Perwakilan Lurah Tagaraja, Pokja HIV/AIDS Kecamatan Kateman serta KPA/WPA Kecamatan Kateman.

Zainuddin, SKM, M.M mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk menemukan secara dini kasus penderia HIV.

“Dengan adanya VCT Mobile ini agar penanganan lebih awal bisa dilakukan pada kasus yang ditemukan dan diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan penularan HIV/AIDS di Sungai Guntung,” ujarnya.

Karena menurutnya, kebanyakan kasus yang terjadi selama ini, orang yang terinfeksi sudah berada dalam fase AIDS, yaitu sudah munculnya gejala infeksi akibat penyakit sehingga berpengaruh pada proses perawatan.

Kegiatan screning ini sekaligus memberikan edukasi atas resiko perbuatan-perbuatan negatif yang bisa menyebabkan tertularnya virus HIV.

“Selain melakukan screning ke tempat-tempat hiburan malam, tim VCT Mobile juga melakukan screning ke salon-salon yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Guntung,” tutupnya.***(mir)