Kadiskes Inhil Antisipasi Masuknya Virus Corona


Dibaca: 2905 kali 
Selasa, 28 Januari 2020 - 11:25:29 WIB
Kadiskes Inhil Antisipasi Masuknya Virus Corona H. Zainal Arifin

TEMBILAHAN (MR) - Untuk mengantisipasi adanya virus Corona, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Indragiri Hilir (Inhil), Riau menggelar rapat bersama instansi terkait, Senin (27/1/2020) di Kantor Dinas Kesehatan Inhil.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin, rapat tersebut dilaksanakan untuk melakukan berbagai persiapan yang berhubungan dengan virus corona.

Kepada masyarakat, Zainal Arifin meminta untuk tidak panik dan tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, disertai batuk dan kesulitan bernafas.

"Jika merasa demam, segera mencari pertolongan ke RS terdekat," ujar Kadiskes saat memimpin rapat koordinasi.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, dan setelah memegang instalasi publik serta mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik.

"Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk, menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk, gunakan masker ketika mengalami masalah pernafasan, dan berobat ke Fasilitas Layanan Kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Kadis juga menghimbau jika merasa kesehatan tidak nyaman terutama demam atau batuk, gunakan masker dan segera mengunjungi layanan kesehatan.

"Setelah kembali dari daerah Outbreak segera konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu Dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit," pesan Zainal Arifin.***(putri)

Editor: Mirwan