Antisipasi DBD Diskes Pelalawan Himbau Masyarakat Lakukan 3 M


Dibaca: 3550 kali 
Jumat, 07 Februari 2020 - 18:28:06 WIB
Antisipasi DBD Diskes Pelalawan Himbau Masyarakat Lakukan 3 M

PANGKALAN KERINCI (MR) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau melalui Dinas Kesehatan (Diskes) akan berupaya untuk menekan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang banyak terjadi pada saat musim hujan.

"Ini akan menjadi perhatian kita mengingat kasus DBD setiap tahunnya tergolong tinggi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Asril di Pangkalan Kerinci, Jumat (7/2/2020).

Untuk mendukung hal tersebut, kata Ia lagi,  perlu peran aktif dan sinergitas masyarakat, seperti dengan menerapkan pola hidup sehat serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Untuk antisipasi, kita menganjurkan kepada masyarakat melakukan 3 M yakni menutup, menimbun dan membakar agar tidak ada media atau tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut," terangnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan ini juga menilai hal ini merupakan prioritas Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

“Berbagai upaya tentunya terus dilakukan. Untuk itu kita berharap untuk tahun-tahun akan datang bisa terjadi penurunan," harapnya.

Diterangkannya lagi, penderita DBD disebabkan beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab meningkatnya kasus DBD. Semua ini dimulai dari kondisi cuaca yang ekstrem hingga pola hidup sehat dan tidak menjaga kebersihan lingkungan. 

"Ini yang harus diperhatikan dan selalu kita anjurkan kepada masyarakat," kata Asril mengakhiri. (ton)