Hoax Virus Corona, Hebohkan Warga Dumai


Dibaca: 3202 kali 
Jumat, 07 Februari 2020 - 12:18:36 WIB
Hoax Virus Corona, Hebohkan Warga Dumai

DUMAI (MR) - Warga Kota Dumai dihebohkan dengan beredarnya postingan di media sosial Facebook yang menyatakan terdapat salah seorang kru kapal tengker MT Sc Neptune asal Hongkong yang bersandar di Pelabuhan Dermaga B Pelindo Dumai positif terinveksi virus corona.

Dalam postingan itu terlihat di gambar 3 orang petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan berpakaian lengkap anti virus dan membawa ambulan, dinyatakan kalau salah seorang ABK kapal MT SC Neptune berkewarganegaan Cina itu positif terinveksi virus corona dan sedang dilakukan penanganan kesehatan.

Namun ternyata postingan yang mendapatkan bebagai respon dan dibagikan oleh sejumlah akun media sosial lainnya itu tidak benar alias Hoax.

"Setelah ditelusuri ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai informasi terkait adanya ABK kapal yang terjangkit virus corona di dermaga Pelindo Dumai adalah tidak benar atau hoax," kata GM Pelindo I Dumai, Jonedi melalui Farid Selaku Manager Divisi umum.

Gambar yang beredar adalah kehati-hatian petugas KKP dalam melaksanakan tugas memeriksa ABK kapal asing bendera Hongkong dari Singapura yang bersandar di dermaga B Pelindo Dumai.

"Jadi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kewaspadaannya KKP, mereka berpakaian seperti itu dan setelah melakukan pengecekan, hasilnya tidak ada satupun ABK kapal yang suspek terinfeksi virus Corona," pungkasnya. (MR/RED)