Maruf Amin Ingin Banten Jadi Pusat Budaya Islam


Dibaca: 2516 kali 
Ahad, 16 Februari 2020 - 20:45:47 WIB
Maruf Amin Ingin Banten Jadi Pusat Budaya Islam

MONITORRIAU.COM - Wakil Presiden Maruf Amin mendukung Provinsi Banten menjadi pusat budaya Islam dunia. Apalagi, Banten sudah dkenal sebagai kerjaan Islam yang ada di Nusantara.

"Kita memang mendorong daerah-daerah untuk berinovasi membangun daerahnya menjadi pusat-pusat budaya, pusat-pusat wisata religi. Saya tentu menyambut baik inistaif dari Gubernur Banten yang ingin menjadikan banten menjadi pusat religi dunia," ujar Maruf Amin kepada wartawan usai membuka acara Jelajah Nusantara dan Pameran Artefak Rasulallah di Museum Purbakala Banten, Minggu (16/2/2020).

Menurut Maruf Amin, Banten memiliki potensi menjadi pusat budaya islam di dunia melihat sejarah bahwa kerajaan Islam di Banten dipimpin Sultan Maulana Hasanudin dan Sulan Ageng Tirtayasa yang sudah dikenal banyak orang.

Banten juga memiliki tokoh berkaliber internasional seperti Syekh Nawawi Al Bantani dan Syekh Abdul Karim al-Bantani. Selain itu, tokoh yang sudah dikenal lainnya seperti Abuya Dimyathi Al Bantani,

"Jadi tnggal bagaimana berinovasi mengembangkan kreatifitas dari Pemintah daerak. kita berharap inisiatif itu bisa terwujud," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan saat ini tengah membangun Islamic Center di Tanara, Kabupaten Serang dan merenovasi kawasan peziarahan Syech Mansyur Cikaduen dan Syech Asnawi Caringin Kabupaten Pandeglang guna mendukung Banten menjadi ikon budaya Islam di Dunia.

"Banten bisa menjadi ikon budaya Islam. Kita kembalikan era kejayaan sebagai pusat budaya, pusat kajian seperti di masa lalu," kata Wahidin.*** (okezone)