Hj Rosmanidar Andi Suhaimi Didampingi Kadis P2KB untuk Cek Kegiatan KB Gratis


Dibaca: 2451 kali 
Selasa, 25 Februari 2020 - 11:52:44 WIB
Hj Rosmanidar Andi Suhaimi Didampingi Kadis P2KB untuk Cek Kegiatan KB Gratis

LABUHANBATU (MR) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB Noviana Santoso didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Labuhanbatu Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi. M.AP secara bersama-sama meninjau kegiatan Pelayanan KB Gratis yang digagas Dinas P2KB dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu dalam rangka Acara Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak serta Serasehan Kampung KB, Selasa (25/2/2020) di Lapangan eks Pasar Baru Jalan Diponegoro Rantauprapat.

Dalam dua kegiatan yang dilaksanakan sekaligus ditempat yang sama itu, Bupati Labuhanbatu diwakili Asisten Pemerintahan Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd dalam arahannya sangat mengharapkan kepada para Kepala OPD agar dapat menampung aspirasi masyarakat dan menindaklanjutinya dalam program dan kegiatan di tahun yang akan datang.

"Kepada masyarakat yang hadir, mari kita manfaatkan acara ini sebagai wadah untuk memperkuat silaturrahim dan berdialog serta bertukar pikiran sehingga kita bisa mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu yang lebih baik dan maju. Peran Pemerintah, partisipasi masyarakat dan dunia usaha harus saling bersinergi guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Labuhanbatu," kata Sarimpunan.

“Saya minta kepada para Pimpinan OPD untuk terus berinovasi melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kepada para Lurah agar lebih proaktif dan peka terhadap berbagai hal yang ada di lingkungan masing-masing karena tugas saudara langsung bersentuhan kepada masyarakat. Khusus kepada Lurah Rantauprapat dan Sidorejo agar mendorong masyarakat berperan aktif dalam mengembangkan Kampung KB,” kata Sarimpunan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe dalam kesempatan itu mengatakan, Hari ini dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak yang bertujuan memberikan pemahaman kepada para orang tua atau calon orang tua untuk mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan perkawinan, pengasuhan anak dan tumbuh kembang anak.

Kemudian, sebagaimana kita ketaui bahwa Program Kampung KB merupakan Program Nasional sehingga kegiatan atau berbagai lomba PKK di tahun 2020 ini difokuskan di Kampung KB. Artinya dengan mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan pembangunan di lokasi yang sama, maka akan lebih terlihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Menurut Rosmanidar, membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Keluarga merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk watak, moral serta melatih kebersamaan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat. Keluarga adalah wahan pertama dan utama bagi anak untuk menanamkan nilai-nilai agam, budi pekerti dan akhlak yang baik.

Sedangkan, Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB Noviana Santoso mengungkapkan bahwa pola asuh anak membutuhkan kesabaran, konsisten, teladan, komunikasi, dinamis, realistis, kasih sayang, aturan yang jelas, pujian, manajemen konflik, penjelasan dan kebersamaaan. Pola asuh anak yabg efektif sebagai orangtua harus bisa berkomunikasi dengan anak.

Bagaimana ketika anak sudah mulai ingin tahu, apa-apa saja yang harus kita sampaikan, disinilah kita akan mengarahkan anak untuk yang lebih baik sesuai dengan cita-cita yang dinginkan, dari kecil harus diajarkan bagaimana pola mengasuh anak, jelas Noviana.

Menurutnya, Dengan program pemerintahan yang ada saat ini diharapkan ibu-ibu bisa mendukung untuk mewujudkannya, dengan ber KB, sehingga perekonomian kita otomatis akan maju didalam keluarga, karena dengan 2 anak akan bisa maksimal.

“Dengan adanya program KB dari pemerintah, marilah kita dukung untuk bisa memanage perekonomian keluarga sehingga tidak terjadi permasalahan terhadap anak karena kita memberikan perhatian penuh terkhusus didalam keimananan dan ketaqwaan, karena yang nomor 1 adalah agama,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Labuhanbatu Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi. M.AP dalam laporannya menjelaskan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para ibu dan bapak yang hadir tentang bagaimana mendidik anak dan pola asuh yang dapat mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh anak.

Katanya, Binaan Dinas PP dan KB ada program bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia terdiri dari kader masyarakat ibu-ibu yang memiliki anak balita, remaja dan lansia, disinilah para orangtua dibekali untuk mendidik anak-anak yang baik dan benar. (Anditan)