Bupati Labuhanbatu Bersama Keluarga Melakukan Rapid Test


Dibaca: 2498 kali 
Jumat, 03 April 2020 - 10:31:06 WIB
Bupati Labuhanbatu Bersama Keluarga Melakukan Rapid Test

LABUHANBATU (MR) - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT bersama keluarga melakukan rapid test yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan di rumah Dinas Wakil Bupati Jalan W. R Supratman Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Pada Kamis (02/04/2020).

Menurut keterangan yang disampaikan oleh tim dokter dari Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan H.Kamal Ilham SKM, MM, menyampaikan bahwa hasil test yang dilakukan terhadap Bupati Labuhanbatu dan keluarganya dinyatakan dalam keadaan sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham SKM.MM bahwa rapid test ini perlu dilakukan mengingat Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT selalu turun kelapangan untuk menemui masyarakat membangunkan masker, mengikuti penyemprotan disinfektan, kunjungan ke pasar kegiatan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H.Kamal Ilham SKM, MM, menambahkan tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang-orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah.

“Rapid Test ini biasa dilakukan pada orang-orang yg berpotensi menularkan virus corona, misalnya ODP, baik itu traveler yang baru tiba ataupun orang yang pernah kontak fisik dengan PDP ataupun orang dengan Covid -19,”ucapnya.

Kamal Ilham Juga menjelaskan, rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan pandemi Covid-19, antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

“Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun, perlu diketahui, bahwa pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu,” jelasnya.

Dapat disimpulkan bahwa rapid test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona atau Covid-19.

Pelaksanaan rapid test ini dihadiri oleh Kepala Dinas kesehatan H. Kamal Ilham SKM, MM, Kepala Dinas Kominfo Rajid Yuliawan S. Kom. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Atia Muchtar Hasibuan, beserta tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu. (anditan)