Gelar Aksi, Aliansi Kemmak Tolak PSBB di Dumai


Dibaca: 8374 kali 
Senin, 18 Mei 2020 - 20:58:09 WIB
Gelar Aksi, Aliansi Kemmak Tolak PSBB di Dumai

DUMAI (MR) - Aliansi Koalisi Mahasiswa, Masyarakat Anti Korupsi (Kemmak) kembali menggelar aksi nyata dalam rangka penyampai aspirasi penolakkan PSBB.

Aksi tersebut dilakukan, Senin 18 Mei 2020. Dalam pantauan, Kapolres Kota Dumai mencoba membubarkan aksi nyata yang di lakukan aliansi Kemmak.

"Mohon bubar semua, karena saya lagi rapat," tegas Kapolres Dumai.

Setelah beberapa menit kemudian terjadi cekcok antara pihak keamanan dan massa Kemmak, disebabkan karena massa Kemmak tetap menuntut ingin menyamapaikan Tuntutan aksi kepada pucuk pimpinan Kota Dumai.

Ketua koordinator aliansi kemmak mengatakan aksi penolakkan PSBB, dikarenakan penetapan PSBB ini terlambat dan tidak masuk akal.

"Penetapan PSBB ini tidak sesuai keinginan masyarakat Kota Dumai, tentunya ini harus didengar oleh pejabat Kota Dumai serta Aparat Hukum Kota Dumai,"Kata Ketua Koordinator Kemmak, Andri Qhodri. 

Selanjut nya dia mengatakan tuntutan aksi mereka ada 5 poin yang ingin kami sampaikan kepada pihak Pemko Dumai, adapun poin-poin sebagai berikut:

1. Kami Mahasiswa dan Masyarakat Kota Dumai menolak PSBB!

2. Mendesak Pemerintah Kota Dumai mencabut Perwako tentang pemberlakuan PSBB di kota Dumai

3. Buka dan beri kebebasan masyarakat Kota Dumai dalam menjalankan Ibadah di Rumah Ibadah.

4. Pemerintah Kota Dumai harus Transparan terkait pengelolaan Dana dan Data masyarakat penerima bantuan sosial terkait Covid - 19

5. Ubah bantuan Non DTKS pada bulan 2, 3 dan kalau ada selanjutnya, menjadi 100 % uang Tunai.

Disampaikan nya juga bahwa aksi ini tidak berakhir hari ini saja. Tetap ada sampai tuntutan aksi  ini direalisaikan oleh pemerintah Kota Dumai. (Roni)