Pasien Positif Corona Terakhir di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Sembuh


Dibaca: 3068 kali 
Senin, 01 Juni 2020 - 12:25:42 WIB
Pasien Positif Corona Terakhir di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Sembuh

MONITORRIAU.COM - Pasien positif Covid-19 yang terakhir dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad (AA) Pekanbaru, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. 

Pasien dinyatakan boleh pulang itu berinisial S (47). Ia adalah warga Kota Pekanbaru yang diduga tertular karena ada riwayat perjalanan ke daerah terjangkit di luar Provinsi Riau. 

Menurut keterangan pihak RSUD AA Pekanbaru, pasien tersebut sudah cukup lama dirawat di sebuah rumah sakit swasta, sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD AA dan menjalani pengobatan selama seminggu dan kemudian dinyatakan sembuh.

Pasien S telah menjalani perawatan sekitar 23 hari sejak 8 Mei lalu di rumah sakit swasta di Pekanbaru dan akhirnya dirujuk ke RSUD AA pada tanggal 26 Mei hingga akhirnya sembuh dan dinyatakan boleh pulang pada Minggu (3/5/2020). 

Sembuhnya pasien terakhir di RSUD Arifin Achmad merupakan kabar baik. Apalagi dalam dua hari terakhir, tidak ada penambahan pasien positif Covid-19 alias nihil.

Angka kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau pada angka 117 orang. 88 pasien positif sudah dinyatakan sembuh dan 23 pasien masih dirawat. 

Kemudian, pasien positif tercatat 26 orang yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di kabupaten/kota. PDP yang masih dirawat berjumlah 93 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.157 orang.

Sedangkan PDP meninggal dunia berjumlah 154 orang. Total PDP berjumlah 1.404 orang. Kemudian, untuk ODP dalam pemantauan berjumlah 6.474 orang. Sementara ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 68.946 orang. 

Menanggapi hal ini, Gubernur Riau Syamsuar, Senin (1/6/2020) mengatakan, terima kasih atas dukungan semangat partisipasi dan doa rakyat Riau yang telah mebantu menekan angka penularan Covid-19. 

"Alhamdulillah kita dapat menekan angka pertambahan penularan Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan di semua rumah sakit rujukan," katanya. 

Gubernur Riau juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan rumah sakit maupun tenaga medis dan non medis yang bekerja di 48 rumah sakit rujukan di Riau. 

"Semoga kedisiplinan masyarakat tetap meningkat melaksanakan himbauan pemerintah dalam melaksanakan "new normal" dan tetap harus mengedepankan protokol kesehatan agar tidak ada penambahan pasien positif lagi.

"Kapasitas rumah sakit tetap dipertahankan dan pengawasan serta supervisi tetap dilaksanakan. Mohon doa dan dukungannya. Terima kasih atas semangat gotong royong," ucap Syamsuar.