Disperindagsar Kabupaten Pelalawan Serahkan Sertifikat IKM Bagi Pelaku Usaha Las


Dibaca: 4511 kali 
Rabu, 03 Juni 2020 - 13:45:36 WIB
Disperindagsar Kabupaten Pelalawan Serahkan Sertifikat IKM Bagi Pelaku Usaha Las

PANGKALAN KERINCI (MR) - Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan menyerahkan Sertifikat kepada 10 Peserta usai melaksanakan Pelatihan Keterampilan Mengelas bagi  pelaku-pelaku Usaha di bidang mengelas Industri Kecil Menengah (IKM ) 2019 yang berlangsung di Aula (UPT-PPM ) Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pekanbaru  beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan Penyerahan sertifikat pelaku Usaha industri Kecil menegah (IKM) ini di serahkan lansung oleh Atmonadi asisten II Pemkab Pelalawan didamping oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Disperindag Pelalawan, H Fakhrizal yang diikuti oleh 10 peserta yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pelalawan. 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Disperindagsar Kabupaten Pelalawan, H Fakhrizal mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan ilmu dan keterampilan las berbasis kompetensi kepada pelaku Usaha IKM .

"Setelah diberikan Pelatihan dan Mendapatkan sertifikat ini mereka dapat bersaing di dunia kerja atau  bisa menyerap tenaga kerja, ” jelasnya di Pangkalan Kerinci, Selasa (2/6).

Ditambahkannya juga 10 Perserta yang diambil dari berbagai kecamatan tersebut sudah diseleksi terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan yang diadakan di pekanbaru.

“Yang terpilih merupakan hasil seleksi dan sudah punya usaha bidang mengelas, namun belum mempunyai sertifikasi standar usaha. Jadi dilaksanakanlah pelatihan ini pada tahun lalu, baru tahun ini dilakukan penyerahan sertifikatnya,” sebutnya.

Kata ia lagi, kegiatan pelatihan IKM ini  di lakukan oleh Tim Ujian Sertifikasi  Asesor (PCR) politeknik Caltex Riau.

"Kita harap dari 10 orang yang kita latih ini setelah 4 hari menjalani pembekalan mereka bisa menjadi wirausaha bersitifikasi yang handal dan biasa merekrut tenaga kerja dari usaha yang dikembangkan,” tutup Fakhrizal. (ton)