Door To Door

Tim Pengabdian UNRI Bagikan Masker dan Vitamin Gratis di Koto Inuman


Dibaca: 8294 kali 
Ahad, 26 Juli 2020 - 13:46:18 WIB
Tim Pengabdian UNRI Bagikan Masker dan Vitamin Gratis di Koto Inuman Tim Pengabdian UNRI saat membagikan maskes dan memberikan edukasi tentang Covid19 di Desa Koto Inuman

KUANSING (MR) - Pandemi Covid-19 sudah membuat kacau tatanan kehidupan dimasyarakat. Sudah saatnya semua elemen masyarakat mengambil peran dalam permasalahan ini, setidaknya dimulai dari diri sendiri yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada.

Untuk mendukung aksi ini, Tim Pengabdian UNRI Kukerta Desa Koto Inuman membagiakan Masker dan Vitamin gratis kepada masyarakat sekitar. Selain itu, tim dibawah bimbingan Dr. Zuhri D, M.Pd ini juga memberikan edukasi singkat kepada masyarakat terkait covid -19 yang sedang melanda negeri ini, tak hanya sampai disitu Tim kukerta ini juga lakukan cek kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanankan pada Sabtu (25/07/2020), diawali dengan pembagian Tim Kukerta menjadi 2 kelompok agar waktu yang digunakan tidak terlalu lama. Untuk kelompok satu mendapat tugas di Dusun satu sedangkan kelompok dua mendapat tugas di dusun tiga dan untuk dusun dua dilakukan bersama sama.

Kegiatan ini juga menggandeng pelajar dan mahasiswa sekitar, dimana mereka juga membantu Tim Kukerta UNRI untuk melakukan cek kesehatan dan edukasi terkait covid 19.

"Saya senang bisa ikut ambil tindakan dalam program ini, karena kegiatan yang positif seperti ini memang sangat diperlukan dimasyarakat apalagi di pedesaan seperti desa kami ini dimana memang akses edukasi terkait covid ini belum sepenuhnya sampai kepada masyarakat, " ujar Juli, Mahasiswa UMRI yang ikut berpartisipasi dengan Tim Kukerta.

Pemabagian masker dan vitamin serta edukasi terkait covid 19 ini dilakukan door to door kerumah warga hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya kumpulan masa. Selain itu untuk tempat - tempat umum seperti warung juga ditempeli poster edukasi terkait covid -19.

Kegiatan mahasiswa ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Mereka mengaku bahwa memang seharusnya Edukasi terkait covid -19 ini perlu dilakukan secara langsung kepada masyarakat. 

"Kegiatan seperti ini bagus. Ditambah lagi adanya pemberian masker dan vitamin gratis. Karena memang disini kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan memang masih kurang dan masih perlu edukasi lebih lanjut lagi terkait pandemi ini," ujar salah satu warga kepada tim kukerta.

Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 15.00 Wib, semua masker dan vitamin yang disipkan telah habis dibagikan.

"Besar harapan kami, setelah dilakukan berbagai kegiatan ini mulai dari edukasi terkait covid 19 hingga bagi - bagi masker dan vitamin kerumah warga bisa menumbuhkan kesadaran dan semangat untuk kita agar lebih peduli terhadap wabah yang sedang melanda negeri ini," tutupnya Alwi selaku Ketua Tim Kukerta di Desa Koto Inuman.