Secara Virtual, Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru - Dumai


Dibaca: 3213 kali 
Jumat, 25 September 2020 - 18:04:23 WIB
Secara Virtual, Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru - Dumai

MONITORIAU.COM - “Dengan mengucap bismillahhirohmanirohim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai hari ini,” kata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Pekanbaru-Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jum'at (25/09/2020).

Peresmian jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai turut dihadiri langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Basuki Hadimuljono beserta rombongan, Anggota DPR RI Dapil Riau Komisi V, Syahrul Aidi, Gubernur Riau, Syamsuar, Forkopimda Riau, Walikota Dumai, H Zulkifli AS, Forkopimda Dumai, Bupati, Direktur Utama HK, Budi Harto, serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat di Gerbang Tol Dumai (Seksi 6), Kota Dumai, Provinsi Riau.

Presiden RI mengatakan, dengan adanya jalan tol ini tentu akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Dumai, sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol pertama di Provinsi Riau dengan panjang 131 km. Tol Permai ini menjadi istimewa karena memiliki jalur pelintasan gajah, dan hal ini adalah yang pertama di Indonesia.

Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km terdiri dari 6 seksi tol yaitu, Seksi 1 (Pekanbaru-Minas), sepanjang 9,5 km. Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan), sepanjang 24,1 km. Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 km. Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 km. Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM. Seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 km.

Jalan Tol Tran Sumatra Ruas Pekanbaru-Dumai ini dilengkapi oleh 7 Gerbang Tol dan 5 pasang tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area.