Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer, 13 Lansia Meninggal karena Efek Samping


Dibaca: 2621 kali 
Senin, 18 Januari 2021 - 19:56:42 WIB
Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer, 13 Lansia Meninggal karena Efek Samping

MONITORRIAU.COM - Kabar duka datang dari Norwegia, setelah program vaksinasi digelar di negara tersebut. Dilaporkan sebanyak 23 orang meninggal dunia, hanya dalam hitungan hari, usai menerima vaksin Covid-19, tepatnya divaksinasi dengan vaksin Pfizer.

Sebagaimana dilapor Ny Post, dari 23 orang, tercatat 13 orang di antaranya merupakan orang-orang lansia yang setidaknya berusia 80 tahun, penghuni panti jompo. Disebutkan oleh pejabat kesehatan setempat, kematian ini sepertinya terkait dengan efek samping dari vaksin tersebut.

“Reaksi umum dari vaksin seperti demam dan mual, kemungkinan berkontribusi pada hasil yang fatal untuk beberapa pasien yang lemah,” bunyi pernyataan Sigurd Hortemo, kepala dokter di Norwegian Medicines Agency.

Meskipun para pejabat tidak menunjukkan keprihatinan yang serius, mereka membuat aturan ulang tentang siapa yang harus menerima vaksin.

Berita tentang kematian 23 orang ini sendiri, diketahui muncul lebih dari satu pekan usai pejabat resmi setempat melaporkan kematian dua orang penghuni panti jompo setelah mereka menerima suntikan vaksin Pfizer. Untuk diketahui, tercatat lebih dari 30.000 orang di Norwegia telah menerima suntikan pertama vaksin virus korona Pfizer atau Moderna tersebut sejak akhir Desember 2020.

Meski mengklaim tidak terlalu terpengaruh dengan kejadian ini, tapi dengan terjadinya kasus kematian ini, tak dipungkiri para tim dokter di Norwegia harus teliti betul untuk mempertimbangkan golongan masyarakat mana penerima vaksin.

“Kami tidak khawatir dengan ini, jelas sekali bahwa vaksin ini punya risiko yang sangat kecil. Dengan pengecualian kecil untuk pasien yang paling lemah. Dokter sekarang harus hati-hati mempertimbangkan siapa yang harus divaksinasi,” tambahnya.

“Mereka yang sangat lemah dan sudah sangat lanjut usia dapat divaksinasi setelah ada penilaian individu,” kata Steinar Madsen, direktur medis Norwegian Medicines Agency kepada media Norwegia, NRK.

Kamis 14 Januari lalu, Norwegian Medicines Agency melaporkan sebanyak total 29 orang mengalami efek samping pasca vaksinasi, termasuk 13 orang yang meninggal tersebut. Dengan rincian 21 orang perempuan dan 8 orang pria.

Selain mereka yang meninggal, 9 orang lainnya mengalami efek samping yang serius yakni termasuk reaksi alergi, rasa tidak nyaman yang parah, dan demam yang parah. Sementara, 7 orang lainnya mengalami efek samping yang tidak terlalu serius, rasa nyeri parah di tempat suntikan.*** (okezone)