Viral Penemuan Makam Tua Diklaim Milik Saudara Kandung Habib Husein Luar Batang


Dibaca: 4779 kali 
Ahad, 21 Maret 2021 - 17:11:00 WIB
Viral Penemuan Makam Tua Diklaim Milik Saudara Kandung Habib Husein Luar Batang

MONITORRIAU.COM - Jagat maya beberapa hari terakhir digegerkan oleh penemuan makam tua di tengah hutan belantara, tepatnya Kampung Mindi, Desa Budimulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.
Ads by

Makam itu diklaim milik seorang ulama besar penyebar Islam dari kalangan waliyullah, bernama Habib Hasan bin Abu Bakar Alaydrus.

Yang lebih mencengangkan, Habib Hasan disebut-sebut merupakan saudara kandung dari Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus, Keramat Luar Batang, seorang waliyullah asal Hadramaut, Yaman Selatan yang makamnya terletak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

Berdasarkan informasi dari pemilik akun facebook Muhammad Fahru Rozy, awalnya makam kuno itu ditemukan oleh Abah KH. Entoh, adik Abuya Uci Turtusi, Cilongok, Pasar Kemis.

Penemuan makam konon telah melalui perjalanan spiritual cukup panjang atas perintah dari seorang ulama kharismatik asal Pekalongan untuk mencari makam Habib Hasan Alaydrus yang berada di tengah hutan belantara antara Balaraja dan Cikupa.

"Alhamdulillah makam sudah ditemukan, namun tanah tersebut punya PT*** kini lagi negosiasi untuk barter lahan antara PT dan H. Mul. Semoga proses berjalan lancar dan makam bisa dibangun. Lokasi makam di Kampung Mindi, Desa Budimuliya, Cikupa, Tangerang, tidak jauh dari makam Syekh Kabirrifa'i," tulis postingan tersebut.

Dalam foto yang beredar di media sosial, sejumlah orang tampak sedang duduk berziarah di depan makam keramat itu. Hingga kini belum diketahui kebenaran informasi tersebut.

Namun, seorang pemerhati sejarah habaib di Nusantara, Ustadz Anto Djibril membantah, jika makam yang dimaksud adalah milik saudara kandung Habib Husein Luar Batang. Pasalnya, berdasarkan penelitian sejarah, Habib Husein datang ke Batavia (sekarang Jakarta) seorang diri, tanpa didampingi para saudaranya.

"Setahu saya, dulu Habib Utsman, Mufti Betawi saat meneliti tentang Habib Husein, dengan kasyafnya tidak menemukan saudara atau keluarga kandung Habib Husein, namun Habib Utsman tidak langsung mengeluarkan fatwa, beliau gunakan ilmunya agar penelitiannya dapat di terima oleh pemerintah pada waktu itu," kata Ustadz Anto dalam postingan di akun facebooknya.

Ustadz Anto menjelaskan, kala itu Habib Utsman bin Yahya (Mufti Betawi) berkirim surat ke Mufti Hijaz, As-Sayyid Zaini Dahlan dan berkirim surat pula ke Mufti Hadramaut, Yaman. Dari Mufti Hadramaut lah yang kemudian menghubungi keluarga atau sanak famili Habib Husein.

"Dari sanalah disimpulkan bahwa Habib Husein belum pernah menikah dan seluruh keluarganya tidak menyertainya ke Jawa, dari itulah ditunjuk keturunan saudara Habib Husein, untuk mengurus makamnya di Batavia, atas hal itu Habib Utsman membuat fatwa pengurus maqam/mutawali di serahkan kepada kerabat/saudara Habib Husein," paparnya.*** (okezone)