Sosialisasi Budidaya Tanaman Kangkung (Ipomoea reptans P) Secara Hidroponik Sederhana


Dibaca: 3124 kali 
Selasa, 03 Agustus 2021 - 19:08:11 WIB
Sosialisasi Budidaya Tanaman Kangkung (Ipomoea reptans P) Secara Hidroponik Sederhana
KAMPAR (MR) - Mahasiswa peserta kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung UNRI di Desa Kualu mengadakan kegiatan sosialisasi budidaya kangkung (Ipomoea reptans P.) secara hidroponik sederhana di Perumahan Akasia, Jum’at (30/07/2021).
 
Di masa pandemi ini selain harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, juga harus melakukan kegiatan yang positif untuk mengisi waktu di masa PPKM. 
 
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di masa PPKM ini adalah budidaya tanaman kangkung secara hidroponik sederhana.
Olivia Shahertian, sebagai perwakilan kelompok yang mensosialisasikan kegiatan ini mengatakan budidaya tanaman kangkung secara hidroponik sederhana ini merupakan alternatif dalam kegiatan budidaya pertanian yang bisa dilakukan di pekarangan rumah karena juga bisa dijadikan tanaman hias.
 
“Budidaya tanaman kangkung secara hidroponik ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan budidaya tanaman secara konvensional pada lahan pertanian. Kelebihannya diantaranya tidak memerlukan lahan yang luas, penggunaan bahan-bahan seperti tanah dan pupuk yang lebih sedikit, perawatan tanaman yang lebih mudah, serta bebas gangguan hama dan gulma” kata Olivia.
 
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), M. Yogi Ryantama Isjoni, SE,MM mengatakan dalam situasi pandemi yang belum mereda ini harus melakukan kegiatan yang produktif agar selama masa PPKM ini waktu tidak terbuang sia-sia serta menghasilkan suatu produk yang bermanfaat.
 
Kegiatan sosialisasi mendapatkan tanggapan yang baik dari ibu-ibu di perumahan Akasia Desa Kualu tersebut. Mereka berantusias untuk mencoba membudidayakan tanaman kangkung secara hidroponik sederhana ini. Mahasiswa Kukerta juga membagikan benih tanaman kangkung beserta pupuk kepada ibu-ibu tersebut.
 
“Melalui kegiatan sosialisasi ini kami berupaya memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga dengan memberikan edukasi bahwa ada kegiatan yang bisa dilakukan selama pandemi ini” kata Utari," ketua kelompok kukerta Desa Kualu.
 
Aksi sosialisasi ini merupakan bagian dari pengabdian mereka kepada masyarakat dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
“Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat mendapat pengetahuan dan keahlian tentang cara budidaya tanaman kangkung melalui hidroponik sederhana sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal,” kata Utari.