Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19


Dibaca: 1585 kali 
Selasa, 24 Agustus 2021 - 14:09:58 WIB
Gubernur Riau Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19
PEKANBARU (MR) - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Polda Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, bersama Cipayung Plus Provinsi Riau, bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau, Selasa (24/8/21).
 
Gubri menyadari bahwa antusias masyarakat sangat tinggi sekali terhadap vaksinasi ini, sehingga selalu membludak dari target yang dipersiapkan meskipun telah menggunakan skema pendaftaran secara online.
 
Untuk itu jelasnya, Pemprov Riau menambah 500 dosis vaksin di UIN Suska Riau, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 450 dosis vaksin yang disediakan panitia. Hal ini bertujuan agar mahasiswa yang belum divaksin dapat memanfaatkan vaksin ini.
 
"Atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ini," ujarnya.
 
Syamsuar menginformasikan, sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden RI Jokowi, bahwa saat ini memang telah terjadi penurunan penularan COVID-19 secara nasional termasuk di Provinsi Riau.
 
Dimana saat ini, ia menyebutkan, awalnya di Riau level IV itu ada empat daerah, yaitu Kota Pekanbaru, Dumai, Rokan Hulu dan Siak. Namun sekarang level IV hanya tinggal Pekanbaru.
 
"Itu pun sekarang ini walaupun Pekanbaru level IV, itu juga sekarang penularannya juga menurun," ujarnya.
 
Ia menambahkan, sekarang ketersediaan tempat tidur rumah sakit juga menurun, yakni BOR nya sekarang sudah 45% dari kondisi yang awalnya sampai mendekati 80%, kemudian juga angka kesembuhan pasien COVID-19 sekarang sudah tinggi, yaitu hampir 90%.
 
Untuk itu, orang nomor satu di Riau ini berharap meskipun sudah di vaksin, namun protokol kesehatan tidak boleh kendor dan tetap berhati-hati terhadap penularan COVID-19 karena sampai saat ini pandemi ini belum berakhir.
 
"Varian delta juga sudah masuk ke Riau, kita harus antisipasi transmisinya. Protokol kesehatan tidak boleh abai," ungkapnya.
 
Turut mendampingi Gubri dalam peninjauan tersebut, Perwakilan Polda Riau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rektor UIN Suska Riau, Khairunnas, dan lainnya.