Covid-19 Riau Turun, Sektor Pariwisata Mulai Meningkat


Dibaca: 2588 kali 
Jumat, 08 Oktober 2021 - 14:17:06 WIB
Covid-19 Riau Turun, Sektor Pariwisata Mulai Meningkat Kepala Disparekraf Provinsi Riau, Roni Rahmat

PEKANBARU (MR) – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau memperkirakan sektor pariwisata perlahan mulai ramai seiring dengan turun dan melandainya kasus penyebaran Covid-19 di Riau saat ini.

Kepala Disparekraf Provinsi Riau Roni Rahmat mengatakan, kembali menggeliatnya sektor pariwisata di Riau bisa diamati dengan ramainya tingkat kunjungan masyarakat di beberapa tempat objek wisata, termasuk di sektor ekonomi kreatif di Provinsi Riau.

“Mulai nampak naik. Jadi ada kenaikan drastis ya jumlah kunjungan wisatawan. Bahkan destinasi-destinasi wisata pun sekarang dapat kita lihat sudah mulai ramai kembali,” katanya.

Meski demikian, Roni menekankan kepada setiap pengelola di sektor pariwisata agar tetap mencermati penerapan protokol kesehatan ketat kepada pengunjung yang datang.

Dia menambahkan, meski sektor pariwisata masih didominasi oleh wisatawan lokal, dengan kondisi saat ini sudah cukup membuat para pengelola bernafas lega, setelah sebelumnya 100% harus tutup saat diberlakukannya PPKM Level 4 di beberapa daerah di Riau.

Roni menuturkan, dengan pelonggaran mobilitas masyarakat seiring dengan turunnya kasus penyebaran Covid-19 di Riau, para wisatawan lokal sudah mulai berdatangan ke tempat-tempat wisata bersama keluarga mereka.

“Memang sejauh ini masih wisatawan lokal, karena memang pintu masuk penerbangan internasional masih belum dibuka pemerintah. Kalau berapa persen kenaikannya, kami masih menunggu data yang akan dikeluarkan dari BPS Riau,” tuturnya.

Di Provinsi Riau, angka kasus penyebaran Covid-19 sudah sangat jauh melandai. Hal ini seiring dengan turunnya level PPKM di Riau yang kini sudah di level 2.

Meski demikian, Roni mendorong kepada semua pihak agar selalu menerapkan protokol kesehatan. “Bagaimanapun dalam kondisi seperti ini kita harus tetap selalu waspada dan tetap disiplin dalam hal penerapan protokol kesehatan,” tutupnya.